Mana Provider yang Lebih Murah untuk Haji, Tri Atau IM3?

Ilustrasi penggun Tri (source: Tri)

Technologue.id, Jakarta – Tak lama lagi, umat Muslim memasuki periode ibadah Haji. Mereka yang berkesempatan menjalankan rukun Islam yang kelima ini akan jauh dari keluarga dan kerabat karena harus fokus beribadah di Tanah Suci selama beberapa hari.

Namun di era saat ini, sepertinya sudah tidak ada alasan untuk tidak terkoneksi dengan orang-orang yang Anda sayangi atau pedulikan. Sebab, para operator telekomunikasi sudah menyediakan layanannya untuk menanggung kebutuhan Anda untuk berkomunikasi hingga membuat Anda nyaman selama beribadah.

Nah, kali ini redaksi mencoba untuk mengulas dua layanan yang ditawarkan Tri dan IM3 Ooredoo. Keduanya baru saja merilis layanan khususnya untuk para jamaah Haji 2017. Kira-kira, mana yang harganya lebih terjangkau? Apa saja penawaran yang mereka siapkan? Berikut pembahasannya.

Dari rilis yang dikirimkan ke Technologue.id, Tri menawarkan paket internet Tri Ibadah dengan kuota 3GB yang bisa aktif selama 45 hari dengan harga Rp250.000. Sementara telepon di Arab Saudi ke nomor tujuan lokal di sana maupun di Indonesia dikenakan tarif Rp 3.300/menit. Untuk kirim SMS, Anda hanya membutuhkan pulsa Rp 3.300 setiap SMS-nya dan gratis terima SMS.

Di sisi lain, pada dasarnya, IM3 menawarkan berbagai pilihan paket. Paket berdurasi 40 harinya yang paling terjangkau adalah Paket Telepon & SMS seharga Rp199.900. Di paket tersebut, Anda berhak melakukan panggilan telepon selama 60 menit ke Indonesia dan ke nomor lokal Arab Saudi plus gratis mengirim 60 SMS dan menerima SMS. Sayangnya, tidak ada kuota internet yang ditawarkan di paket ini.

Ilustrasi pengguna Indosat Ooredoo (source: Indosat Ooredoo)

Jika Anda lebih memilih jalur komunikasi via kuota data selama menjalankan ibadah Haji, IM3 mengajukan paket internet sepuasnya selama 40 hari dengan harga Rp549.900. Namun sebagai gantinya, Anda tidak punya jatah untuk menelpon atau mengirim SMS secara cuma-cuma.

Untuk layanan dari provider mana yang lebih murah di antara keduanya, redaksi mengembalikannya pada Anda selaku pengguna. Dengan beragamnya kelebihan dari masing-masing paket serta layanan dari operator seperti ini, Anda pun berkesempatan untuk memilih mitra terbaik untuk mendukung komunikasi Anda selama menjalankan ibadah Haji 2017.

Sederhananya, apabila Anda cenderung berkomunikasi lewat telepon dan SMS selama di Arab Saudi, mungkin akan lebih cocok jika Anda mengadopsi Paket Telepon & SMS IM3 Ooredoo. Sementara kalau Anda lebih nyaman berkomunikasi via instant messenger tetapi dengan durasi yang amat jarang, jelas paket Tri Ibadah lebih masuk akal ketimbang paket internet sepuasnya dari IM3.

Semoga pembahasan sederhana di atas dapat membantu Anda dan melancarkan ibadah Haji Anda hingga menjadi haji yang mabrur.

 

Baca juga:

Tri Kini Mungkinkan Streaming Video Murah Potong Pulsa

Qatar Dimusuhi Arab Saudi Cs, Bisnis Indosat Ooredoo Terpengaruh?

Indosat Ooredoo Bikin Kuota Data Pelanggan Gak Hangus