Technologue.id, Jakarta – Tentu Anda menyadari, sejak layanan 4G diresmikan di Indonesia pada Desember 2015, smartphone 4G terus membanjiri pasar Tanah Air. Tak cuma smartphone kelas atas, sekarang banyak ponsel 4G dengan kisaran harga Rp 1 jutaan.

Kehadiran ponsel 4G dengan harga miring itu menyasar kelas menengah yang porsinya paling besar di pasaran. Jadi jangan kaget, ketika keberadaan ponsel 4G akhirnya sukses mencatatkan sejarahnya di sini.

Ya, berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC), untuk pertama kalinya, handset 4G terjual lebih banyak dibanding perangkat 3G di kuartal pertama tahun ini. Terbukti dari 6,5 jutaan smartphone yang terjual di Indonesia, 3,3 juta di antaranya (sekitar 52 persennya) sudah mendukung 4G.

Masih menurut IDC, hal ini tak bisa dilepaskan dari suksesnya vendor seperti Samsung, Lenovo, dan Oppo dalam memasarkan produk-produk 4G-nya. Sebab, selain punya produk high-end, mereka juga menjajakan ponsel 4G di bawah Rp2 juta, yang notabene adalah harga kisaran produk terlaris selama Q1 2016.

Sebagai gambaran, industri smartphone Tanah Air pada kuartal pertama 2016 masih dikuasai oleh Samsung, dengan market share sebesar 33 persen. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1938 itu dibuntuti ‘anak kemarin sore’ Oppo yang mencatat pertumbuhan penjualan fantastis dalam setahun sebesar 187 persen.

(Ulwan)