Technologue.id, Jakarta - Tokopedia dan ShopTokopedia menunjukkan dominasinya di industri e-commerce melalui kesuksesan kampanye akhir tahun Promo Guncang 12.12. Puncak acara pada 12 Desember 2024 ini mencatat lonjakan transaksi yang luar biasa, terutama berkat kehadiran fitur Live.
Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce menjelaskan bahwa di jam pertama puncak kampanye Promo Guncang 12.12 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live di TikTok tercatat meningkat hingga 50 kali lipat dibandingkan hari biasa.
"Di era discovery e-commerce, pelaku usaha bisa mencapai lebih lewat konten promosi dan pemasaran dalam bentuk video pendek hingga live di platform seperti TikTok. Pelaku usaha yang live streaming di TikTok mengalami kenaikan penjualan di ShopTokopedia rata-rata 7 kali lipat," kata Aditia, dalam acara Year End Media Gathering di Jakarta, Senin (23/12/2024).
Baca Juga:
Sinergi TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia Dorong Tren Discovery e-commerce
Kesuksesan ini juga diungkapnya tidak terlepas dari peran konten kreator yang terus aktif mempromosikan atau memasarkan produk para penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia lewat konten video yang relevan di TikTok.
"Era discovery e-commerce melahirkan profesi baru, yaitu kreator. Peran positif kreator terhadap kemajuan pelaku usaha, khususnya UMKM, melatarbelakangi Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar program pemberdayaan kreator, yaitu Creators Lab dan Youth Affiliate Program," tambah Aditia.
Kategori produk paling laris di Tokopedia pada Promo Guncang 12.12 2024, antara lain Kecantikan dan Perawatan Diri, Handphone dan Elektronik, serta Fashion Pria. Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion Wanita, dan Fashion Muslim.
Tokopedia dan ShopTokopedia memiliki keunggulan masing-masing yang melengkapi satu sama lain untuk membawa dampak positif bagi pertumbuhan perdagangan daring dan ekonomi digital tanah air. Di Tokopedia, masyarakat cenderung sudah mengetahui apa yang dibutuhkan atau akan dibeli. Misalnya, pada momen Natal.
Baca Juga:
Satu Tahun Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia Dongkrak Pendapatan UMKM
Sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi jumlah pesanan menjelang Natal 2024, antara lain hampers (contoh: kue kering, cokelat), pohon Natal, dan hiasan pohon Natal (contoh: slinger, lampu), dengan rata-rata hampir 3 kali lipat.
Berbeda dengan yang terjadi di ShopTokopedia. Masyarakat cenderung mengonsumsi konten video di TikTok terlebih dahulu, sebelum akhirnya terinspirasi membeli produk dari penjual di ShopTokopedia. Berdasarkan data, penjual batik di ShopTokopedia yang melakukan live streaming di TikTok, dalam hal ini Batik Paduka dan Batik Arkanza, mengalami kenaikan penjualan di ShopTokopedia rata-rata 3 kali lipat dibandingkan saat tidak melakukan live streaming.