Mantap, di Facebook Messenger Ada Artificial Intelligence-nya!

M, asisten virtual Facebook, masuk Messenger (source: Facebook)

Technologue.id, Jakarta – Tren teknologi artificial intelligence (AI) sudah merangkak naik sejak lima tahun terakhir. Fenomena ini ditandai dari lahirnya Siri, kemudian menyusul Microsoft dengan Cortana-nya, Google Assisstant, sampai Bixby dari Samsung.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi top, Facebook tak mau kalah. Mereka tahun 2015 lalu juga memamerkan asisten virtualnya bernama M. Setelah hampir dua tahun berlalu, kini Mark Zuckerberg cs resmi menghadirkan M di platformnya.

Dari rilis pers yang disebarkan Facebook (06/04/17), M sudah siap membantu user Messenger melakukan perintah tertentu saat sedang asyik berbincang dengan pengguna lainnya. M bisa memberikan saran di chat Anda berdasarkan topik yang diperbincangkan, seperti stiker yang sesuai dengan tema atau opsi pengiriman uang jika sedang membahas soal finansial.

Yang tak kalah menarik, Anda pun dapat melakukan polling di Messenger berkat bantuan M.

Ilustrasi penggunaan M di Messenger (source: Facebook)

AI yang setahun terakhir berada di tahap pengembangan itu pun sigap dimintai bantuan ketika Anda sedang berada di luar rumah. Misalnya, M dapat memproses perintah location sharing kepada user yang Anda kehendaki. Tentunya aksi ini dilakukan secara privat. Memanggil tumpangan dari penyedia jasa taksi online seperti dari Uber juga bisa dilakukannya.

Untuk tahap awal, M memang baru tersedia untuk pemakai Messenger di Amerika Serikat, baik di Android maupun iOS. Hal ini barangkali berkaitan dengan kemampuannya dalam mempelajari pola komunikasi user yang masih sebatas untuk Bahasa Inggris.

Ada yang berharap M segera tersedia untuk netizen di Indonesia?

 

Baca juga:

Facebook Messenger Jadi Sedikit Lebih Canggih Ketimbang Instagram

Cara Facebook Cegah Orang Bunuh Diri

Cara Memakai Live Location, Fitur Messenger untuk Berantas “OTW Bro!”