Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Marak Kasus Jual Beli Data Pribadi, Ini Bahayanya!
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Maraknya perdagangan data pribadi di media sosial Facebook patut dikhawatirkan oleh masyarakat. Pasalnya, data tersebut rentan disalahgunakan untuk berbagai kepentingan.

Menurut Ketua dan Pendiri Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Ardi Sutedja, ada sejumlah bahaya yang mengincar apabila data mereka disalahgunakan. Hal ini diungkapkan melalui pesan singkat pada Senin (15/6/2020).

"Jual beli data pribadi itu tidak etis dan merugikan si pemilik data karena data tersebut bisa disalahgunakan untuk berbagai kepentingan mulai dari pemalsuan identitas, penipuan, fraud, dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga:

Lagi, Data Pribadi Diperjualbelikan di Facebook

Ardi menambahkan, data tersebut bahkan dapat digunakan untuk daftar pinjaman online dan juga kartu SIM seluler. Ia menyebut hal-hal semacam itu sudah sangat sering terjadi.

"Kasus seperti ini sudah banyak terjadi, dimana pinjamannya macet dan yang ditagih adalah orang yang namanya disalahgunakan," imbuhnya.

Kasus perdagangan data pribadi di Facebook sendiri diungkap oleh akun Twitter bernama @aye_ucup baru-baru ini. Pada cuitannya, @aye_ucup menyertakan sejumlah foto tangkapan layar yang menampilkan seorang pengguna Facebook bernama "Yogi M Syah" menawarkan data pribadi di sebuah grup.

Baca Juga:

Data Pengguna E-Commerce Sering Bocor, Apa yang Salah?

Mirisnya lagi data-data tersebut dijual dengan harga yang sangat murah. Untuk data yang terdiri dari KTP, Foto Selfie, serta buku tabungan dibandrol dengan harga Rp 5 ribu. Sedangkan untuk data yang mencakup KTP, Foto Selfie dan Ijazah, Yogi M Syah menjualnya dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp 15 ribu.

Sayangnya, belum ada respon dari pihak kepolisian terkait kasus ini padahal dalam cuitannya, @aye_ucup menyertakan akun Twitter @DivHumas_Polri. Technologue.id juga mencoba menghubungi namun belum ada komentar.

SHARE:

Menantikan Sepak Terjang Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru Honda Prospect Motor

Daftar Perangkat Samsung yang Bisa Cicipi Galaxy AI