Marak Kasus WhatsApp Dibajak, Ini yang Harus Dilakukan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pembajakan akun WhatsApp belakangan ini kerap terjadi. Sejumlah pengguna mengaku kehilangan akses akun WhatsAppnya setelah menerima pemberitahuan verifikasi.

Melalui media sosial Twitter, akun dengan nama @batgurl__ menyebut WhatsAppnya secara tiba-tiba keluar. Padahal menurutnya, nomor tersebut sudah lama tidak digunakan.

Pengguna lain dengan nama @Rohmanstwn juga mengalami hal serupa. Ia mengeluh akun WhatsAppnya tidak bisa diakses setelah menerima pemberitahuan yang menyuguhkan pilihan ‘verifikasi’ atau ‘oke’

Baca Juga:

WhatsApp Rilis Stiker Edisi Ramadan Karya Ilustrator Lokal


Menanggapi fenomena ini, salah seorang pakar siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya buka suara. Ia mengatakan hal ini terjadi lantaran pengguna lain telah masuk ke akun WhatsApp tersebut.

Alfons menyarankan para pengguna WhatsApp seharusnya jangan memilih ‘oke’. Sebab jika pilihan tersebut diambil otomatis akan mengizinkan pihak lain masuk ke dalam akun WhatsApp kita.

“Jangan pilih ‘oke’, tapi pilih ‘verifikasi’. Dengan begitu pengguna akan melakukan verifikasi ulang dengan enam digit kode yang dikirimkan ke ponsel,” ujarnya pada Rabu (13/5/2020).

Akun WhatsApp sendiri sebenarnya berpotensi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti meminjam uang kepada kerabat atau modus penipuan lainnya. Namun, Alfons menegaskan bahwa akun tersebut aman dari modus pinjaman online.

“Akun WhatsApp yang telah dibajak tidak dapat digunakan untuk keperluan pinjaman online. Sebab, untuk menyetujui pinjaman online memerlukan dokumen lain bukan akun WhatsApp,” tambahnya.

Baca Juga:

Asyik, Fitur Baru WhatsApp Izinkan Satu Akun dalam Dua Ponsel

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Alfons menyarankan pengguna melakukan pengamanan “Two-step verification”. Fitur tersebut dapat diaktifkan dengan mengunjungi pengaturan WhatsApp> Account > Two-step verification dan pilih “Enable” untuk masukkan enam digit PIN.

Dengan begitu, untuk masuk ke akun WhatsApp, pengguna diharuskan memasukan pin yang sudah diatur tadi. Cara ini akan jauh memberikan keamanan bagi akun.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories