Technologue.id, Jakarta – Setelah Travis Kalanick mundur dari jabatannya sebagai CEO perusahaan yang didirikannya Juni lalu, akhirnya Uber punya pemimpin baru. Mengutip VentureBeat (27/08/17), direksi Uber Technologies Inc. telah memilih Dara Khosrowshahi sebagai pengganti Kalanick.

Dara sebelunya adalah CEO Expedia Inc., perusahaan yang bergerak di industri travel. Pria 48 tahun itu menjabat sebagai CEO Expedia sedari Agustus 2005.

Baca juga:

Spesifikasi Ponsel Dual-Camera Selfie Baru dari Vivo, Resolusinya Ngeri!

Sepak terjang pria berdarah Iran-Amerika itu cukup mentereng bersama Expedia. Kini, perusahaan tersebut sudah menjamah 60 negara sedunia melalui platform Hotels.com, TripAdvisor, dan tentunya Expedia.com sendiri.

Jejak eksistensi Expedia juga ada di Indonesia. Sebab, mereka bulan lalu memberikan suntikan pada situs pemesanan tiket pesawat dan hotel online ternama Tanah Air, Traveloka. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mengguyur Traveloka dengan dana setara Rp4,7 triliun dan membuatnya menjadi investor minor di unicorn tersebut.

Baca juga:

Kaskus Dapat Apresiasi dari Kemkominfo, Gara-gara?

Dara diharapkan mampu mengangkat Uber dari krisis yang melanda belakangan. Selain mempererat hubungan tim internalnya yang sempat retak gara-gara pelecehan, Dara juga dibebani dengan target untuk membuat Uber menjadi perusahaan yang profit setelah tujuh tahun terus merugi.

Baca juga:

Samsung Segera Luncurkan Ponsel Kelas Menengah dengan Dual-Camera?

Sebenarnya, pemilihan Dara ini seperti tak terendus. Kandidat top suksesor Kalanick yang sering terdengar justru adalah Jeff Immelt, chairman General Electric Co (GE), dan Meg Whitman, CEO Hewlett-Packard Enterprise. Namun dengan pengalaman 12 tahun memimpin Expedia, pengalaman Dara juga tak bisa diremehkan begitu saja.