Masih Pakai OS Jadul, Komputer Presiden Rusia Rentan Peretasan?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Beredar foto yang menampilkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang menggunakan komputer pada suatu waktu. Yang menarik perhatian, komputer ini diduga mengadopsi sistem operasi Windows XP. Padahal seperti diketahui, Microsoft sendiri telah menghentikan dukungannya terhadap Windows XP sejak 2014 lalu.

The Moscow Times, salah satu media Rusia yang mengunggah foto tersebut, menyebut adegan tersebut berlokasi di kediaman Putin di Novo-Ogaryovo, sebelah barat Moscow. Foto ini menjadi menarik karena Putin masih menggunakan perangkat yang rentan akan peretasan.

Baca Juga:
Microsoft Akan Stop Dukungan Terhadap Windows 7

Namun diketahui perangkat tersebut tidak digunakan untuk kepentingan rahasia negara walaupun Windows XP sendiri merupakan sistem operasi Microsoft yang disertifikasi untuk berbagai lembaga pemerintah Rusia.

Menanggapi hal tersebut, Juru bicara Kremlin Dimitry Peskov tidak menjelaskan kenapa Rusia belum beralih ke sistem operasi terbaru. Padahal, ada kebijakan yang melarang pejabat Rusia menggunakan perangkat asing dengan alasan melindungi kepentingan nasional dan meningkatkan teknologi dalam negeri.

Baca Juga:
Microsoft Pensiunkan Cortana di iOS dan Android

Rusia berencana mengganti sistem operasi besutan Apple dan Microsoft dengan sistem operasi lokal di lingkungan pemerintahan dan perusahaan strategis. Namun, rencana tersebut tertunda karena tidak ada tawaran tender yang menarik.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories