Technologue.id, Jakarta – Lagi-lagi Bukalapak menggandeng Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menyediakan layanan pembelian hewan kurban secara online. Kerja sama ini telah terjadi untuk yang kedua kalinya sebagai upaya melanjutkan kesuksesan dalam mengajak serta memfasilitasi umat Muslim dalam menunaikan ibadah kurban.

Menurut Oci Ambrosia, Brand Manager Bukalapak, pembelian hewan kurban lewat jalur online dihadirkan supaya orang-orang yang sibuk atau tidak punya waktu untuk membeli sendiri menjelang perayaan Hari Iedul Adha bisa semakin mudah dalam memesan hewan kurban. “Mereka nantinya tinggal mengakses situs Bukalapak.com,” ujarnya.

Jika selama ini kaum Muslimin terbiasa berkurban di sekitarnya, kini melalui Bukalapak dan ACT masyarakat dapat menyalurkan hewan kurban kepada pihak yang lebih menbutuhkan bahkan  di seluruh wilayah Indonesia, hingga mancanegara.

Hal tersebut dipastikan pula oleh Imam Akbari selaku Senior Vice Presicent ACT, bahwa meski dengan penjualan hewan kurban lewat online nanti pihaknya akan memberikan bukti kalau transaksi telah terjalin dengan baik dan benar. Sebagai transparansi, pekurban akan mendapatkan sertifikat pembelian kurban untuk bukti telah terdaftar sebagai pekurban 2016 di Global Qurban.

- Advertisement -

“Selain itu pekurban juga akana menerima laporan dari kami berupa laporan pemotongan dan distribusi melalui SMS, yang akan disampaikan sesaat setelah hewan kurban dipotong dan didistribusikan. Sedangkan lebih lengkapnya akan dikirim via email atau hard-copy berupa foto hewan saat masih hidup, setelah dipotong, dan distribusi daging dilengkapi profil wilayah diaman kurban didistribusikan, paling lama sebukan setelah hari tasyrik,” jelasnya.

Soal harga, dikatakan Imam lebih murah dan dijamin berkualitas dibandingkan dengan harga hewan kurban di lembaga lain, diakuinya karena ACT telah mempersiapkan stok hewan kurban jauh sebelum Hari Raya Iedul Adha melalui program pemberdayaan para peternak plasma di Lumbung Ternak Masyarakat (LTM) yang merupakan instrument penggerak ekonomi masyarakat.

Tahun ini, Bukalapak menyediakan lima jenis pilihan hewan kurban yang dapat dipilih oleh pekurban. Mulai dari kambing dengan harga Rp.1.750.000, kambing Gaza dengan harga Rp.4.725.000, sapi dengan harga Rp.12.250.000, sapi Gaza seharga Rp.29.925.000 dan unta dengan harga Rp.24.750.000.

Biaya pun dikatakan oleh Oci, sudah termasuk semuanya, mulai dari operasional, sosialisasi, penyediaan hewan, pemotongan, distribusi, dokumentasi, dan pelaporan.

Distribusi hingga ke negara konflik

Tahun ini, ACT kembali melakukan pemotongan dan pendistribusian hewan kurban yang terjual di situs Bukalapak.com ke masyarakat di lokasi terpinggir, daerah rawan bencana kemanusiaan, dan tempat pengungsian, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Adapun Global Qurban – ACT siap mendistribusikan amanah para pekurban tak hanya didalam tapi juga ke luar negeri. Hewan kurban tersebut bakal menjangkau ke 34 provinsi di Indonesia.

Menariknya, jika tahun lalu dalam program yang sama didistribusikan ke 22 negara, tahun ini meningkat jadi 27 negara. Sebut saja, diantaranya, Palestina (Gaza), Suriah, Lebanon (Pengungsi Suriah), Somalia, Timor Leste, Mongolia, Kamerun (pengungsi Afrika Tengah), Vanuatu, Kyrgistan, Kazakstan, Tajikistan, hingga Bosnia.

BACA JUGA:

BUKALAPAK DENGAN ACT KEMBALI BEKERJA SAMA MENJUAL HEWAN KURBAN

SEJUTA UKM JADI ‘PAHLAWAN PELAPAK’ BUKALAPAK.COM

LAZADA INDONESIA BANTU UKM LOKAL LEWAT KAMPANYE “BUATAN INDONESIA”

Share this