Mau Tampak Terhormat di LinkedIn? Jangan Masukkan 10 Kata Pasaran Ini!

Technologue.id, Jakarta – Sebagai jejaring online profesonal terkemuka di dunia, LinkedIn sudah biasa menjadi rujukan perusahaan sebelum merekrut karyawan baru. Sebab selain dapat mengetahui latar belakang calon pegawai, LinkedIn juga dapat digunakan untuk mengukur seberapa istimewa seseorang, terlebih di dunia profesional.

Gara-gara ini, menjadi hal yang wajar ketika para pelamar membubuhi profilnya dengan kata-kata yang mengandung atau mencerminkan unsur profesionalisme, semacam ‘specialized’, ‘creative’, atau ‘experienced’. Sayangnya, hal ini bukanlah suatu nilai tambah, melainkan bisa menjadi sebaliknya.

LinkedIn telah mengumumkan 10 kata yang terlalu sering dituliskan atau buzzwords dalam profil penggunanya di Indonesia selama 12 bulan terakhir. Data terbaru menunjukkan bahwa mayoritas profesional di Indonesia mencoba untuk menunjukkan keistimewaan mereka dengan menuliskan keahlian yang spesifik dan kepemimpinan.

Tak ayal, ‘specialized’ dan ‘leadership’ menjadi dua kata teratas pada daftar buzzwords pada 2016. Fenomena ini sedikit berbeda dibanding tahun 2015, ketika kata ‘creative’ dan ‘motivated’ menduduki dua peringkat teratas. Kini, ‘creative’ telah terlempar dari lima besar sedangkan ‘motivated’ sudah jarang dipakai.

Berikut daftar lengkap 10 kata yang paling sering dituliskan oleh profesional Indonesia selama tahun 2016 :
1. Specialized
2. Leadership
3. Passionate
4. Experienced
5. Responsible
6. Strategic
7. Creative
8. Expert
9. Focused
10. Certified

Temuan LinkedIn ini bisa menjadi patokan bahwa jika Anda ingin berbeda dan benar-benar ingin mendeskripsikan diri dengan baik, sebaiknya gunakan kata-kata yang relevan tetapi tidak terlalu umum. Terlebih, tahun baru kerap dimanfaatkan untuk mencari peluang kerja baru, maka memperbarui profil Anda di LinkedIn dengan menghilangkan kata-kata yang terpampang di atas bisa menjadi solusi terbaik.

“Meskipun kata-kata yang umum dapat memudahkan Anda, namun kenyataannya hal tersebut tidaklah efektif untuk merefleksikan keistimewaan Anda sebagai profesional, terlebih ketika semua orang menuliskan kata yang sama.,” pesan Roger Pua, Senior Director Corporate Communications for Asia Pacific LinkedIn, dalam rilis persnya (01/02/17).

 

Baca juga:

Akuisisi LinkedIn Beres, Fitur-Fitur Unik Akan Hampiri Produk Microsoft

Facebook Ancam LinkedIn dengan Fitur Lowongan Kerja

Entrepreneur Indonesia Kumpul di LinkedIn

Recent Articles

Justice League dan Film DC Lainnya Masih di HBO Max Sampai Desember

Technologue.id, Jakarta - WarnerMedia Entertainment mengumumkan perpanjangan beberapa film DC populer di HBO Max, akan tetap di platform streaming itu hingga Desember 2020.

Moonton Hibur Player Mobile Legends India

Technologue.id, Jakarta - Bentrokan di perbatasan India-Cina telah dirasakan dampaknya oleh beberapa pihak, terutama bagi pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi dan game...

Vivo X50 Segera Meluncur di Indonesia, Yuk Intip Kelebihannya

Technologue.id, Jakarta - Vivo segera menghadirkan jajaran X50 Series ke Indonesia. Ponsel yang mengunggulkan kemampuan fotografinya ini dipastikan akan mendarat di Tanah...

Karyawan Masuk Kantor, Aplikasi Ini Mampu Deteksi Jarak Aman dan Face Mask

Technologue.id, Jakarta - Platform payroll digital, Catapa, meluncurkan produk baru CatapaAtOffice untuk menciptakan produktivitas dengan rasa aman dan nyaman untuk karyawan sekaligus...

Smartphone Nokia 1 2018 Kebagian Android 10 Go Edition

Technologue.id, Jakarta - Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, perangkat Android yang sudah bisa mencicipi sistem operasi Android 10 umumnya berasal dari...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here