MediaTek Segera Produksi Chipset 4nm Pertama di Dunia

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Persaingan di industri smartphone tak cuma dirasakan oleh para produsen perangkat, tetapi juga para produsen semikonduktor. MediaTek sebagai salah satu pembuat chipset mobile pun segera ambil ancang-ancang untuk bisa menggunakan teknologi fabrikasi 4nm.

Mengutip dari GSMArena (19/04/21), MediaTek kabarnya bakal menjadi pembuat cip pertama di dunia yang bakal merilis chipset mobile berteknologi 4nm. Produksinya sendiri kemungkinan bakal dimulai antara akhir tahun 2021 ini atau pada awal tahun 2022 mendatang.

Baca Juga:
Gusur Qualcomm, MediaTek Jadi Vendor Chipset Smartphone Terbesar di Dunia

Beberapa produsen smartphone pun menyambut baik dengan rencana MediaTek untuk membuat chipset tersebut. Pasalnya, setidaknya ada Oppo, Xiaomi, Samsung, dan vivo yang sudah mengorder sejumlah chipset kelas high-end buatan MediaTek.

Pembuatan chipset berteknologi 4nm sendiri rencananya akan dilakukan di pabrik TSMC dengan biaya sekitar US$80 (sekitar Rp 1,1 juta) per unitnya. Ini akan jauh lebih mahal ketimbang chipset high-end yang masih menggunakan teknologi 5nm yang biaya produksinya hanya berkisar US$30-35 (sekitar Rp435-500 ribu) per unitnya.

Baca Juga:
MediaTek Siapkan Pesaing Exynos 1080

Leakster asal Tiongkok mengklaim bahwa chipset kelas atas buatan MediaTek memiliki kesempatan untuk bersaing dengan chipset Snapdragon seri 800 buatan Qualcomm. Tak cuma dari sisi performa, tetapi juga konsumsi daya yang lebih irit.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories