Dua Prosesor Baru Mediatek untuk Smartphone 5G

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Manufaktur chip MediaTek meluncurkan dua chipset baru, yaitu Dimensity 920 dan Dimensity 810.

Keduanya merupakan evolusi dari Dimensity 900 dan Dimensity 800, yang masing-masingnya dibangun di atas proses manufaktur 6 nanometer oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Baca Juga:
MediaTek Dimensity 820 Hadirkan Pengalaman 5G Luar Biasa di Smartphone

Kedua platform dibekali CPU octa-core dan dukungan untuk tampilan Full HD+ dengan refresh rate layar 120Hz. Spesifikasi ini menunjukkan bahwa keduanya ditujukan untuk ponsel kelas menengah ke atas.

“Kedua chip anyar ini akan turut meningkatkan pengalaman pengguna dan menghadirkan fitur 5G mumpuni di smartphone 5G masa depan,” ujar Corporate VP dan GM MediaTek Wireless Communications Business Unit, JC Hsu dalam sebuah pengumuman.

Dimensity 920 memiliki inti Cortex-A78 yang kuat yang berjalan pada 2.5GHz dengan yang Cortex-A55 clock pada 2GHz. GPU-nya adalah Mali-G68 MC4, dan diklaim memiliki desain yang dioptimalkan untuk efisiensi daya, serta menawarkan kinerja game hingga sembilan persen lebih cepat dibandingkan Dimensity 900.

Dimensity 920 mendukung RAM LPDDR4x dan LPDDR5, serta penyimpanan UFS 2.2 dan UFS 3.1. Ini memberikan fleksibilitas ekstra kepada pembuatnya dalam hal membangun smartphone dengannya. Selain itu juga sudah mendukung konektivitas Dual 5G SIM serta layanan VoNR. Spesifikasi lainnya mencakup semua standar Wi-Fi terbaru, 2×2 MIMO dan Bluetooth 5.2.

Baca Juga:
MediaTek Luncurkan Dimensity 900

Sedang chip Dimensity 810, termasuk dalam seri Dimensity 800 6nm pertama dan menawarkan dual 5G stand-by, tapi dengan inti CPU kuat Cortex-A76 yang lebih tua dengan clock 2.4GHz dan Cortex-A55 hemat daya.

Model ini memiliki GPU Mali-G57 MC2 dan dukungan hingga LPDDR4x RAM dan penyimpanan UFS 2.2.

Keduanya diharapkan tiba di smartphone pada awal kuartal ketiga 2021. Namun saat ini masih belum diketahui ponsel mana yang akan dibekali chip terbaru tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories