Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Melancong ke Rusia, Jangan Lupa Mampir ke Lima Observatorium Ini ya!
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Teknologi canggih Rusia bukan terbatas pada senjata berat. Mereka juga dikenal hebat dalam industri luar angkasa, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah buktinya.

Terkait luar angkasa, Rusia tercatat memiliki lebih dari 40 observatorium astronomi. Yakni, tempat para astronom memandangi bintang-bintang. Beberapa di antaranya bahkan dibuka untuk umum.

Observatorium di Rusia sangat menarik bagi para penggemar astronomi. Melansir Russia Beyond, berikut ini lima observatorium yang bisa kalian kunjungi saat pergi ke Rusia.

  1. Observatorium Pulkovo, Leningrad Oblast
Komissar007 (CC BY-SA 4.0)

Observatorium Pulkovo dianggap sebagai observatorium utama Rusia, yang telah beroperasi sejak 1839 dan dikelola oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Bangunan ini terletak sekitar 19 kilometer dari selatan Sankt Peterburg, tepatnya di Dataran Tinggi Pulkovo -sekitar 75 meter di atas permukaan laut. Pada saat dibangun, observatorium ini bukan yang pertama di Rusia, tetapi telah memiliki kecanggihan alat untuk mengamati benda langit.

Tentu hal itu pertama-tama diperlukan untuk pengembangan navigasi, serta untuk menentukan waktu.

Sebelum Revolusi 1917, meridian yang melewati pusat bangunan utama dari observatorium ini digunakan sebagai titik acuan untuk garis bujur geografis (sebelumnya, masing-masing negara menggunakan meridian utama mereka sendiri dan ada kebingungan pada peta, sampai mereka setuju untuk mempertimbangkan meridian Greenwich sebagai patokan) dan sistem referensi ini masih dapat ditemukan di peta lama.

Saat ini, teleskop radio Pulkovo besar, prototipe teleskop terbesar di dunia di Nizhny Arkhyz, dipasang di sana. Observatorium Pulkovo juga menampung salah satu teleskop surya terbesar di dunia, ACU-5.

Selain pusat ilmiah yang dekat dengan Sankt Peterburg, observatorium ini juga mengoperasikan stasiun astronomi gunung di dekat Kislovodsk (Stavropol Krai). Selain itu, satu teleskop Observatorium Pulkovo dipasang di stasiun pengamatan Italia Campo Imperatore -100 kilometer dari Roma- dan satu lagi di Observatorium Svetloye di Leningrad Oblast.

Khusus bagi Anda penggemar astronomi, staf observatorium akan memberikan tur tematik, termasuk menjelaskan cara bekerja dengan berbagai jenis teleskop.

  1. Observatorium Astrofisika Khusus, Karachay-Cherkessia
Legion Media

Tidak jauh dari Desa Nizhny Arkhyz, di atas pegunungan, terdapat observatorium terbesar di Rusia yang didirikan pada tahun 1966. Di sana, kalian dapat menemukan teleskop raksasa RATAN-600 dengan diameter cermin sekitar 600 meter dan berat 650 ton. Tidak ada yang lain di dunia!

Lokasi observatorium yang spesial ini sangat ideal, yaknin di Kaukasus. Pemandangan yang akan kalian lihat adalah langit yang mungkin dianggap paling gelap, tetapi paling jelas dan bintang-bintang terlihat dengan sempurna.

Di dalam observatorium Arkhyz, ada mosaik Soviet yang diawetkan dengan bintang, kosmonot, dan komet "berekor". Tentu saja, tempat ini juga layak dikunjungi karena pemandangan Lembah Arkhyz yang sangat menawan.

  1. Observatorium Institut Astronomi Sternberg, Moskow
Foto: Legion Media

Salah satu observatorium astronomi tertua di Rusia terletak di Distrik Krasnopresnensky Moskow (Novovagankovsky pereulok, 5), yang dibangun pada 1830. Sebelumnya, tempat ini berada di pinggiran dan tidak ada jaringan penerangan yang kuat di kota.

Alhasil, pada malam hari cahaya penerangan tidak mengganggu studi gugus galaksi dan nebula bintang. Pada 1920, Institut Astronomi didirikan di sana, yang kemudian menjadi bagian dari Universitas Negeri Moskow.

Observatorium Krasnopresnenskaya tetap menjadi museum untuk waktu yang lama (sekarang ditutup), sementara mahasiswa dan peneliti sekarang belajar di observatorium MSU di Vorobyovy Gory (Sparrow Hills).

Sekarang, observatorium ini menyediakan kuliah, kelas master, dan tur untuk semua pengunjung. Bangunan ini juga telah melestarikan banyak peralatan antik yang dipajang dari waktu yang berbeda.

  1. Observatorium Astronomi Radio Pushchino, Moskow Oblast
Foto: Legion Media

Sebuah observatorium astronomi radio terletak di dekat Kota Pushchino, 80 kilometer selatan Moskow. Observatorium dibuka pada 1956 dan beberapa peralatan di sana telah terpelihara dengan sempurna sejak saat itu, termasuk teleskop radio RT-22 dengan cermin 22 meter.

Para astronom menemukan super-corona Matahari dan menemukan struktur radialnya di observatorium ini.

Beberapa kali dalam setahun, observatorium Pushchino ini mengadakan Open Doors Day dan festival astronomi dengan tur berpemandu ke pusat sains.

  1. Observatorium Astrofisika Baikal, Irkutsk Oblast
    Teleskop surya di tepi Danau Baikal termasuk di antara sepuluh besar terbesar di dunia dan itu berada di Observatorium Astrofisika Baikal yang didirikan pada tahun 1980 di pinggiran desa Listvyanka, sekitar 70 kilometer dari Irkutsk.

Tujuannya mengamati aktivitas Matahari. Karena iklim mikro khusus di wilayah ini, jilatan api Matahari dan bintik Matahari terlihat jelas, sehingga para ilmuwan dapat memprediksi aktivitas Matahari.

Penggemar astronomi juga dapat melihat aktivitas Matahari melalui teleskop. Tur berlangsung sepanjang tahun, baik siang maupun malam.

SHARE:

Rumor Apple MacBook dengan Fitur Layar Lipat Rilis di 2026

Astronom Cari Tahu Keberadaan Atmosfer Exoplanet Berjarak 40 Tahun Cahaya