Technologue.id, Jakarta – Aplikasi perpesanan Telegram kini sudah memasuki versi 4.1 baik pada platform iOS maupun Android. Tak cuma perbaikan bug, kali ini pembuat aplikasi tersebut menghadirkan sejumlah fitur baru.

Mengutip dari GSMArena (01/07/17), pengguna aplikasi Telegram pada iOS kini bisa menikmati sejumlah fitur tambahan ketika menggunakan fitur sharing. Salah satunya adalah menambahkan komentar, dan membagikan sebuah konten kepada beberapa pengguna secara langsung.

Tak cuma itu, pengguna pun bisa melihat opsi tambahan ketika menekan icon 3D touch pada perangkat iOS. Beberapa opsi yang ada di antaranya adalah kemampuan untuk menangkap gambar atau video, lalu langsung mengirimkannya kepada pengguna lain tanpa harus membuka aplikasi Telegram secara terpisah.

Telegram juga menyempurnakan beberapa fitur untuk pengguna yang memiliki supergroup. Saat ini, fitur supergroup sendiri sudah bisa menampung hingga 10.000 anggota dalam satu grup.

Selain jumlahnya yang bertambah, hak akses terhadap para anggotanya juga bisa diatur dengan lebih fleksibel. Administrator sebagai ketua grup kini bisa mencegah anggotanya untuk mengirimkan sticker, video, atau link. Selain itu, ia juga bisa memblokir salah satu atau beberapa anggota grup dalam waktu jangka waktu tertentu.

Sementara untuk khusus untuk Android, Telegram kini menambahkan dukungan terhadap layanan Android Pay. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah tanpa harus membuka aplikasi Android Pay lagi.

 

Baca juga:

Pemerintah AS Coba Merongrong Telegram

Bosan dengan Tampilan WhatsApp yang Itu-Itu Saja? Pindah ke Telegram!

Cara Jadikan Facebook Messenger Sekretaris Pribadi Anda