Technologue.id, Jakarta – Redmi Note 7 baru saja diluncurkan akhir Maret 2019. Adapun fitur yang diandalkan di smartphone harga Rp2 jutaan ini adalah kamera ganda di bagian belakang yang salah satunya memiliki kualitas 48MP.

Bagi yang penasaran mengetahui detail hardware, pihak Xiaomi Indonesia membedah ponsel ini untuk diperlihatkan organ dalamnya. Dari apa yang terlihat, sebagian hardware didalamnnya memang tak terlihat kasat mata.

Baca Juga:
Review Redmi Note 7: Kamera Memuaskan, Tapi Jangan Harap Berlebihan

Untuk membongkar seluruh komponen ini, ada beberapa alat yang disiapkan. Yaitu suction cup, SIM ejector, pinset tajam, pinset tumpul, dan obeng. Mempretelinya pun dibagi dalam tiga tahap dimulai dari mainboard, bottomboard, sampai ke mencopot baterai.

Membuka mainbord Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Bagian mainboard di Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Di bagian mainboard, ada komponen modul kamera, LED flash, cover motherboard, komponen pendukung signal, hardware untuk performa seperti chipset Snapdragon 660, RAM, dan ROM. Total ada 12 screw yang harus dibuka di area ini. Di dekat komponen chipset ada teknologi penyebar panas yang disebut Thermal Paste, berguna saat melakukan aktivitas berat di smartphone seperti main game.

Komponen mainboard di Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Lanjut ke bottomboard, di bagian ini ada speaker, motor vibrator, dan water indicator. Di sini ada 8 screw yang mengunci setiap komponen ponsel.

Baca Juga:
Dibalut Gorilla Glass 5, Redmi Note 7 Diklaim Tangguh

Sementara di tahap terakhir, mencopot baterai perlu lebih dulu menarik lem perekat khusus di sisi kanan dan kiri. Guna lem perekat ini agar baterai tidak mudah bergeser. Setelah perekat khusus dilepas, baterai tidak bisa ditaruh lagi ke dalam ponsel seperti semula.

Menarik lem perekat khusus di baterai Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Seluruh komponen hardware di Redmi Note 7 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dikatakan Andi Muchammad Rendy, Marketing And Public Relations Manager Xiaomi Indonesia, Redmi Note 7 dibekali beberapa karet pelindung untuk melindungi ponsel dari kemasukkan air.

“Misalnya pada saat membuka SIM card, terlihat karet pelindung khusus atau rubber shield yang berfungsi mengurangi resiko air masuk ke device. Lalu, pada kamera depan juga menggunakan rubber untuk menjaga kamera tetap berada di tengah,” ujar Andi saat sesi Teardown Redmi Note 7, di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Setelah sesi teardown selesai, tim Xiaomi kembali menyusun komponen seperti sedia kala, dan menyalakan ponsel kembali.