Technologue.id, Jakarta – Kesal sering mendapatkan panggilan telepon iseng? Ada banyak cara untuk memblokir nomor ponsel unknown di Android

Jika Anda sering menerima panggilan telepon dari orang asing atau telemarketer saat waktu yang paling tidak tepat, Anda mungkin perlu mempelajari cara memblokir nomor di Android. Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak cara untuk memblokir panggilan pada ponsel cerdas Android, tergantung pada model produk atau produsennya. Beberapa vendor “mengubur” fitur blacklist jauh di dalam panel pengaturan, walau ada juga yang membuatnya mudah ditemukan. Sejatinya, tidak ada jalur universal untuk memblokir kontak di ponsel cerdas Android.

Untungnya, banyak cara memblokir panggilan di perangkat Android Anda, seperti yang akan Technologue.id jelaskan tekniknya step-by-step berikut ini.

BLOKIR PANGGILAN TELEPON PADA GOOGLE PIXEL ATAU PIXEL 2
Dari Google phone app
Saat berada di aplikasi Phone, ketuk ikon opsi “More” (tiga titik ditumpuk secara vertikal) di samping mikrofon. Kemudian pilih Setting > Call Blocking dan tambahkan nomor yang ingin Anda blokir. Anda juga dapat masuk ke Call History atau Recent Calls dan ketik nomor yang ingin Anda blokir, lalu pilih Block. Tak hanya itu saja, di fitur ini, Anda juga dapat Report panggilan sebagai spam.

Dari Android Message app
Tekan lama kontak dalam aplikasi Message dan ketuk ikon Block di sudut kanan atas. Anda juga dapat mengetuk ikon opsi More (tiga titik ditumpuk secara vertikal) di samping kaca pembesar, pilih Settings > Call blocking, dan masukkan nomor yang ingin Anda blokir.

- Advertisement -

Baca juga:

Seluk Beluk Fitur Frequently Contacted di Aplikasi WhatsApp

BLOKIR PANGGILAN PADA STOCK ANDROID PHONE LAINNYA
Dari call log
Dari call log, Anda dapat menonaktifkan panggilan masuk dari nomor tertentu. Pilih nomor yang ingin Anda blokir, lalu tekan ikon menu More atau 3-titik di sudut kanan atas dan pilih Add ke reject list. Ini akan menonaktifkan panggilan masuk dari nomor tertentu.

Dari daftar kontak Anda
Jika ada kerabat, teman, atau mantan yang kadang-kadang mengusik hidup Anda. Cukup tandai nomor kontak tersebut, lalu pilih orang yang ingin Anda blokir, dan tekan tombol kecil di sudut kanan yang terlihat seperti pensil. Kemudian, ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas dan centang kotak di samping All Calls to Voicemail. Panggilan kontak itu akan diarahkan ke kotak masuk operator Anda.

Dari menu Settings
Salah satu opsi yang paling umum dilakukan adalah dengan menarik daftar kontak Anda dengan memilih ikon telepon dari home screen. Kemudian ketuk menu tiga titik dan pilih Settings > Call > Call Rejection > Auto Reject List > Create. Setelah itu, akan muncul kotak pencarian. Masukkan nomor telepon atau nama orang yang ingin Anda blokir, dan nama itu akan langsung masuk ke Daftar Tolak Otomatis.

Baca juga:

Cara Agar Smart TV di Rumah Anda Tak Berubah Jadi Mata-mata

BLOKIR PANGGILAN MENGGUNAKAN PONSEL SAMSUNG
Jika Anda memiliki Samsung Galaxy S9 Plus atau ponsel Samsung lainnya, mudah untuk memblokir penelepon yang tidak diinginkan. Pilih ikon Phone di Homescreen Anda, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, lalu ketuk Settings. Anda akan menemukan nomor Block yang tercatat di sini – Anda juga dapat menggunakan menu ini untuk mengelola nomor pada daftar Block Anda. Jika Anda ingin secara otomatis memblokir penelepon yang tidak dikenal, cukup aktifkan opsi untuk Block panggilan anonim.

Selain metode di atas, ada juga cara lain yang bisa diandalkan. Anda juga dapat memblokir nomor dari call log. Untuk melakukannya, buka Phone > Recents dan ketik nomor atau kontak. Anda kemudian dapat menekan Details > Menu (tiga titik di sudut kanan atas)> Block nomor, sehingga nomor kontak yang dimaksud bakal berhenti menelepon Anda.

MENGHAPUS PANGGILAN PADA SMARTPHONE HTC
Seperti Samsung, ponsel HTC juga memiliki pemblokiran panggilan terintegrasi. Untuk menggunakannya, buka aplikasi Phone di Homescreen Anda dan navigasi ke History panggilan. Tekan lama pada nomor yang ingin Anda blokir dan pilik opsi Block Contact atau Block caller. Anda dapat mengelola kontak yang diblokir di aplikasi Phone dengan mengetuk ikon menu di kanan atas (tiga titik vertikal).

Baca juga:

Jangan Lakukan Ini Saat Memesan Fasilitas Liburan via Online

BLOKIR PANGGILAN PADA PONSEL LG
Memblokir panggilan telepon di ponsel LG juga tak begitu sulit. Untuk memulai, buka aplikasi Phone dan arahkan ke tab Call Log. Ketik nomor yang ingin Anda blokir, lalu ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Pilih Block number dari menu drop-down.

Anda juga dapat meninjau, menambah, atau menghapus nomor dari daftar Anda dengan membuka aplikasi Phonr, menavigasi ke tab Call Log, dan mengetuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Pilih Call blocking & Decline with message > Blocked numbers.