Memori iPhone Anda Cepat Penuh? Wajar, Ini Penyebab Utamanya!

Ilustrasi pengguna iPhone (source: PicJumbo)

Technologue.id, Jakarta – Terbatasnya memori internal iPhone adalah salah satu tantangan tersendiri bagi pemakai ponsel bikinan Apple itu. Walau begitu, perusahaan Tim Cook itu tak tinggal diam. Mereka telah menyediakan opsi iCloud untuk menyimpan file digital Anda demi memberi ruang tambahan untuk aplikasi yang Anda pasang serta memperbesar kapasitas storage iPhone itu sendiri.

Kendati demikian, sebagian pengguna smartphone berlogo apel tergigit itu seperti tetap tak puas. Acap kali, mereka mengeluhkan memori iPhone-nya yang gampang penuh.

Terang saja, walau sudah meningkatkan memori internal hingga 256GB pada iPhone 7 Plus, Apple juga turut menaikkan ukuran maksimal suatu aplikasi yang tersedia di App Store, yakni dari 2GB ke 4GB pada 2015 lalu. Alhasil, seiring berjalannya waktu, aplikasi populer di iOS malah makin membengkak ukurannya.

Dari pantauan SensorTower, space yang dihabiskan oleh 10 aplikasi terpopuler di Amerika Serikat telah meningkat drastis, tepatnya 1.000 persen dalam empat tahun. Detailnya, adalah 164MB pada Mei 2013 menjadi 1,8GB bulan lalu.

10 aplikasi itu, yang termasuk Snapchat, Facebook, Uber, YouTube, Gmail, dan Netflix, tercatat malah makin meningkatkan ukuran aplikasinya pasca Apple menetapkan ukuran maksimal aplikasi menjadi 4GB.

10 Aplikasi yang ukurannya makin besar dalam empat tahun terakhir (source: SensorTower)

Sementara itu kalau di-ranking, Snapchat dinobatkan menjadi aplikasi yang makin “menggemuk” dalam empat tahun terakhir. Ukuran media sosial berlogo hantu itu naik 51 kali lipat daripada Mei 2013 silam. Kini, Anda membutuhkan ruang kosong sekitar 203MB di iPhone Anda, ketimbang empat tahun lalu yang cuma 4MB. Setali tiga uang, Facebook kini tega memakan space sebesar 388MB, 12 kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan periode yang sama ketika masih berukuran 32MB.

Di sisi lain, Spotify dan Messenger cenderung tak rakus memakan memori, karena pertumbuhan ukurannya “cuma” enam kali lipat.

Selisih ukuran 10 aplikasi terpopuler iOS dibandingkan empat tahun lalu (source: SensorTower)

Semoga data ini bisa membantu Anda untuk lebih bijak mengatur storage di iPhone Anda. Walaupun di sisi lain, temuan ini juga patut jadi masukan bagi Apple untuk menciptakan sistem yang lebih efisien dalam mengonsumsi memori internal.

 

Baca juga: 

Kantong Netflix Makin Tebal Gara-Gara Pengguna Apple

Aplikasi Khusus Apple Fanboy yang Super Sibuk Ini Sekarang Gratis!

Ternyata Ini Game dan Aplikasi Terpopuler di Play Store, Anda Punya?