Technologue.id, Jakarta – Jika Anda sudah meng-install Pokémon Go terbaru, yakni versi 0.31.0, pastinya Anda akan mengenali beberapa perubahan. Yang paling gampang kentara, game yang sudah diunduh lebih dari 100 juta kali itu kini mempersilakan pemakainya untuk meng-custom avatarnya sendiri, membatasi akses ke layanan third-party yang lekat dengan predikat kecurangan, serta tidak lagi menunjukkan tanda Pokémon terdekat berupa jejak kaki (footprints).

Memangnya, apa alasan Niantic menghapus fitur yang disebut terakhir tadi?

Menurut developer Pokémon Go tersebut, penghapusan footprints berguna untuk meningkatkan kualitas dari game AR itu sendiri dan memudahkan gamer.

“Fitur itu, walau disukai banyak orang, ternyata juga membingungkan dan tidak sesuai dengan tujuan produk kami. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk memperbaiki fitur ini,” begitu terang Niantic dalam status Facebook-nya (2/8/16).

fitur footprint di Pokemon Go yang sebelumnya ada (source: usgamer.net)
fitur footprint di Pokemon Go yang sebelumnya ada (source: usgamer.net)
- Advertisement -

Simbol satu sampai tiga jejak kaki di bawah gambar Pokémon yang sebelumnya muncul di window ‘nearby Pokémon’ berguna untuk memberi tahu perkiraan jarak trainer dengan Pokémon yang muncul. Jika satu jejak kaki muncul, berarti Pokémon yang diincar tak berada jauh dari trainer, sementara tiga jejak kaki menunjukkan bahwa trainer harus berjalan lebih jauh lagi untuk ‘menjemput’ Pokémon tersebut. Akan tetapi faktanya, tak sedikit yang mengeluhkan fungsi dari fitur penunjuk itu karena tidak punya akurasi yang baik, sehingga kerap membingungkan gamer.

 

Baca juga:

YUK CARI TAHU DI MANA POKÉMON LANGKA BERSEMBUNYI!

4 TIPS POKÉMON GO YANG MUNGKIN BELUM ANDA TAHU

RESMI, POKÉMON GO JADI APLIKASI TERPOPULER IOS

Share this