Technologue.id, Jakarta – Samsung sudah menggembor-gemborkan betapa gagahnya Galaxy Note 7 awal bulan ini. Tak berlebihan, sebab pewaris prestise sekaligus spesifikasi tinggi Galaxy Note 5 itu hadir dengan sebuah fitur terinovatif saat ini, yakni iris scanner. Dong-jin Koh, pimpinan bisnis mobile perusahaan raksasa tersebut, bahkan menyebut iris scanner adalah teknologi pengaman terbaik saat ini.

“Iris, yang terbentuk 18 sampai 20 bulan setelah seorang bayi lahir, tidak bisa dibuat ulang,” begitu alasan yang diungkap Koh, seperti dikutip dari KoreaHerald (11/8/16).

DJ Koh memamerkan Galaxy Note 7 (source: Samsung)
DJ Koh, petinggi Samsung Mobile (source: Samsung)

Terapan pemindai mata ini beragam, mulai dari memvalidasi transaksi mobile banking hingga yang paling sederhana seperti meng-unlock Galaxy Note 7. Namun nantinya, penggunaannya akan dibuat makin bervariasi, seperti login ke website tertentu. Sebab, password atau verifikasi keaslian user lain mereka nilai tak setara levelnya dengan pemindai biometrik ini.

Galaxy Note 7 membuat banyak orang kepincut juga karena spesifikasinya yang mumpuni, contohnya gudang penyimpanan 64 GB, RAM 4 GB, prosesor EXynos 8890 Octa-Core, serta bodi anti-air dan kamera 12MP plus 5MP.

Sementara itu, BlackBerry sebelumnya juga merilis produk yang dilabeli sebagai ponsel teraman di dunia. Bedanya, DTEK50 itu tidak menggunakan pemindai biometrik laiknya Galaxy Note 7, tetapi menggunakan sistem pengamanan ketat khas BlackBerry, semacam enkripsi FIPS 140-2 dan aplikasi untuk memonitor aplikasi yang berjalan di smartphone tersebut.

 

Baca juga:

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 VS GALAXY S7 EDGE, SERUPA TAPI BEDA

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 BAKAL SAMBANGI INDONESIA?

SAMSUNG GALAXY NOTE 7, PAKAI IRIS SCANNER DAN TAHAN AIR!