Mengenal AMD FidelityFX Super Resolution, Teknologi Pesaing Nvidia DLSS

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – AMD akhirnya memperkenalkan teknologi pengolah gambar FidelityFX Super Resolution (FSR) yang merupakan pesaing Deep Learning Super Sampling (DLSS) milik Nvidia.

Scott Herkelman, General Manager AMD Radeon, mengungkapkan bahwa teknologi FidelityFX Super Resolution merupakan salah satu inisiatif perangkat lunak terbesar yang pernah dikembangkan oleh AMD.

Baca Juga:
Sistem Baru National Supercomputing Centre Singapore Gunakan Prosesor AMD EPYC

Seperti namanya, software FSR dirancang untuk memaksimalkan resolusi video grafis saat bermain game. AMD ingin mendapatkan hasil grafis yang maksimal melalui pengembanga​n software pendukung.

Dilansir dari PC Gamer (4/6/2021), Seperti DLSS, FSR adalah teknologi upscaling untuk meningkatkan kinerja game dengan cara menjalani rendering grafis di resolusi lebih rendah dari yang disetel, misalnya Full HD untuk pembesaran (upscale) ke 4K.

Namun bedanya dari DLSS, FSR tidak mengandalkan machine learning untuk mempertajam gambar hasil upscaling. Meski demikian, FSR diklaim dapat meningkatkan frame rate hingga tiga kali lebih tinggi.

Ada empat setelan kualitas dan kecepatan yang ditawarkan oleh FSR, yakni “Ultra Quality”, “Quality”, “Balanced”, dan “Performance”.

Dalam sebuah video demonstrasi yang dirilis AMD di ajang Computex 2021, FSR terlihat mampu mendongkrak frame rate GPU Radeon RX 6800 XT di game Godfall (4K, Epic Preset + Raytracing dari 49 FPS secara native menjadi 150 FPS dengan setting Performance.

Baca Juga:
Nvidia – AMD Berlomba Hadirkan GPU Khusus Penambang Kripto

FSR sendiri adalah bagian dari FidelityFX, rangkaian toolkit open source terkait peningkatan kualitas grafis dari AMD yang dioptimalkan utnuk GPU Radeon berbasis arsitektur RDNA dan RDNA 2.

Menariknya, berbeda dari DLSS yang proprietary dan hanya dapat digunakan di lini GPU GeForce RTX, FSR bersifat open source. Teknologi AMD ini pun dapat dipakai untuk mendongkrak kinerja berbagai GPU, termasuk di lini GeForce yang notabene merupakan pesaing Radeon.

Rencananya, FidelityFX Super Resolution akan dihadirkan untuk seluruh perangkat gaming termasuk PC dan konsol yang menggunakan GPU Radeon.

Namun untuk sementara ini, AMD lebih berfokus mengembangkan FSR untuk perangkat PC terlebih dahulu. Setelah berhasil menerapkan FSR di PC, AMD akan melanjutkan pengembangan di perangkat konsol lainnya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories