HomeGadgetMengenal M1 Pro dan M1 Max, Chipset Anyar Apple

Mengenal M1 Pro dan M1 Max, Chipset Anyar Apple

Technologue.id, Jakarta – Apple baru saja meluncurkan dua System-On-a-Chip (SOCs) berbasis ARM terbaru, yakni M1 Pro dan M1 Max. Jika dibandingkan dengan M1 yang diluncurkan tahun lalu, keduanya diklaim memiliki kinerja lebih kencang.

Dilansir dari GSM Arena, Selasa (19/10/2021), Apple menyebut baik M1 Pro dan M1 Max memiliki kinerja CPU 70% lebih cepat dibanding pendahulunya. Untuk GPU-nya sendiri, M1 Pro 2X lipat lebih cepat, sedangkan M1 Max 4X lipat lebih cepat.

Bandwidth memori yang ditawarkan juga telah ditingkatkan. M1 Pro menghadirkan hingga 200GB/dtk dengan dukungan memori terpadu 32GB. Sementara M1 Max membawa bandwidth memori 400GB/s, dan mendukung memori terpadu hingga 64GB.

Baca Juga:

Makin Canggih, Apple AirPods 3 Punya Fitur Sekelas AirPods Pro

Baik M1 Pro dan M1 Max dibangun dengan teknologi proses 5nm. M1 Pro memiliki CPU 10-core baru, termasuk delapan core berperforma tinggi dan dua core efisiensi tinggi, hingga 70 persen lebih cepat dari M1.

Sementara M1 Max memiliki CPU 10-core yang sama kuatnya dengan M1 Pro, serta menambahkan GPU 32-core yang sangat besar untuk kinerja grafis hingga empat kali lebih cepat ketimbang M1.

M1 Pro dikemas memiliki 33,7 miliar transistor, yang lebih dari dua kali jumlah di M1. Sedangkan M1 Max memiliki 57 miliar transistor, atau 70 persen lebih banyak dari M1 Pro dan 3,5 kali lebih banyak dari M1.

Baca Juga:

iPhone 13 Resmi Dapat Izin, Siap Dijual di Indonesia

Meski demikian, keduanya memiliki mesin Neural Engine 16-core untuk akselerasi machine learning di perangkat dan performa kamera yang lebih baik.

Mereka juga memiliki display engine baru yang mendukung beberapa layar eksternal dan pengontrol Thunderbolt 4 terintegrasi tambahan yang memberikan bandwidth I/O lebih banyak lagi.

Tak hanya itu, keduanya juga memiliki kinerja yang serupa dengan GPU kelas atas di laptop terbesar saat menggunakan hingga 100 watt lebih sedikit daya.

M1 Pro dan M1 Max akan tersedia pada Macbook Pro dan MacBook Pro M1 Max k terbaru Apple. Kedua perangkat bisa didapat di Apple Store mulai tanggal 26 Oktober mendatang.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More