Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaktikan layanan informasi chatbot COVID-19 di WhatsApp. Layanan ini berisi informasi terkait virus corona (SARS-Cov-2) atau COVID-19 secara interaktif melalui pesan instan WhatsApp.

Masyarakat bisa mengakses layanan ini melalui situs COVID-19 yang telah disediakan pemerintah. Selain itu bisa juga dengan menambahkan kontak Akun Chatbot COVID-19, di nomor +6281133399000.

Baca Juga:
Kominfo Luncurkan Hotline Informasi terkait COVID-19 via WhatsApp

Untuk berinteraksi dengan layanan chatbot ini, cobalah dengan mengetik kata sapa seperti ‘Halo/hi selamat pagi’. Nantinya secara otomatis akun ini akan merespon dengan pesan teks informatif seperti di bawah ini.

Meski terbilang mudah dioperasikan, namun layanan chatbot COVID-19 ini hanya memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah ditentukan. Mulai dari ‘Kabar COVID-19 terkini di Indonesia’, ‘Sebenarnya apa sih COVID-19 itu?’, hingga soal ‘Rumah Sakit Rujukan COVID-19’.

Baca Juga:
Lawan Virus Corona, AS Ingin Gunakan Data Lokasi?

Untuk merespon pesan tersebut, kalian bisa membalasnya dengan mengetikkan huruf A, B, C, D, E, F, atau G terkait informasi yang ingin diketahui, yang nantinya akan dibalas langsung oleh chatbot. Meski terbilang standar dan normatif informasi yang disampaikan disediakan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.

Chatbot COVID-19 milik pemerintah ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intellgence (AI). Sayangnya informasi yang disampaikan belum sepenuhnya ter-update secara berkala, karena memang layanan ini masih menjalani uji coba dari Kominfo.