Menguji Ketangkasan Layanan Chatbot WhatsApp COVID-19

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaktikan layanan informasi chatbot COVID-19 di WhatsApp. Layanan ini berisi informasi terkait virus corona (SARS-Cov-2) atau COVID-19 secara interaktif melalui pesan instan WhatsApp.

Masyarakat bisa mengakses layanan ini melalui situs COVID-19 yang telah disediakan pemerintah. Selain itu bisa juga dengan menambahkan kontak Akun Chatbot COVID-19, di nomor +6281133399000.

Baca Juga:
Kominfo Luncurkan Hotline Informasi terkait COVID-19 via WhatsApp

Untuk berinteraksi dengan layanan chatbot ini, cobalah dengan mengetik kata sapa seperti ‘Halo/hi selamat pagi’. Nantinya secara otomatis akun ini akan merespon dengan pesan teks informatif seperti di bawah ini.

Meski terbilang mudah dioperasikan, namun layanan chatbot COVID-19 ini hanya memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah ditentukan. Mulai dari ‘Kabar COVID-19 terkini di Indonesia’, ‘Sebenarnya apa sih COVID-19 itu?’, hingga soal ‘Rumah Sakit Rujukan COVID-19’.

Baca Juga:
Lawan Virus Corona, AS Ingin Gunakan Data Lokasi?

Untuk merespon pesan tersebut, kalian bisa membalasnya dengan mengetikkan huruf A, B, C, D, E, F, atau G terkait informasi yang ingin diketahui, yang nantinya akan dibalas langsung oleh chatbot. Meski terbilang standar dan normatif informasi yang disampaikan disediakan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.

Chatbot COVID-19 milik pemerintah ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intellgence (AI). Sayangnya informasi yang disampaikan belum sepenuhnya ter-update secara berkala, karena memang layanan ini masih menjalani uji coba dari Kominfo.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories