Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mengulik Teknologi Jaringan 5G di Samsung Galaxy S21 Series 5G
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Samsung Galaxy S21 Series 5G merupakan produk pertama Samsung di Indonesia yang telah dapat mendukung jaringan 5G.

Meskipun Indonesia belum mengadopsi 5G, namun hal ini tidak membuat Samsung Galaxy S21 Series 5G sarat akan fitur-fitur yang dapat mendukung jaringan 5G ketika hadir dikemudian hari. 

"Samsung Galaxy S21 Series 5G diluncurkan di Indonesia dengan kemampuan yang dapat mendukung konektivitas 5G, melalui berbagai macam fitur dan spesifikasi yang telah didesain sedemikian rupa agar tetap relevan bagi pengguna bahkan di masa yang akan datang ketika 5G sudah benar-benar diimplementasi di Indonesia. Samsung berharap pengguna dapat menikmati hal-hal yang mereka cintai lebih jauh lagi melalui Samsung Galaxy S21 Series 5G," ujar Taufiqul Furqan Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia. 

Baca Juga:
Berkat AI, Kinerja Samsung Galaxy S21 Series 5G Makin Jenius

Manfaat Langsung 5G untuk Konsumen 

Bandwidth dari 5G yang lebih besar daripada 4G memungkinkan pengguna 5G untuk men-streaming data berukuran besar dengan cepat.

Selain memiliki download dan upload speed yang jauh lebih cepat, pengguna juga dapat melakukan streaming content video dengan resolusi tinggi tanpa perlu buffering, memberikan pengalaman menonton yang lebih seamless. 

Samsung Galaxy S21 Series 5G terutama varian Galaxy S21 Ultra 5G hadir dengan Infinity-o Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 1440p sehingga pengguna dapat menikmati konten-konten beresolusi 2K menggunakan perangkat Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dengan lebih immersive.

Selain itu layar dari Samsung Galaxy S21 Series 5G juga dilengkapi dengan refresh-rate sebesar 120 fps yang memberikan pengalaman menonton yang smooth dan immersive.

Selain dengan streaming konten-konten video, dengan Bandwidth yang lebih tinggi, 5G juga memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan resolusi yang lebih baik dan lancar, memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi musik atau konser melalui zoom menggunakan jaringan mobile.  

5G Lebih dari Sekedar Peningkatan Bandwidth 

Selain bandwidth yang lebih besar, teknologi 5G juga menghadirkan low-latency connectivity yang semakin memperkecil jangka waktu yang diperlukan untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya. Dengan teknologi low-latency yang dapat di-deploy secara massive, hal ini memungkinkan pengguna jaringan 5G untuk mengakses konten-konten dengan tingkat respon yang sangat cepat. 

Bagi pelaku industry, ini berarti kemampuan untuk melakukan operasi mesin jarak jauh. Bagi konsumen, hal yang paling dekat dengan kita adalah implementasi 5G terhadap gaming, khususnya game online.

Samsung Galaxy S21 Series 5G didukung dengan Exynos 2100 yang semakin meningkatkan performa perangkat ketika digunakan untuk bermain game dengan settingan tertinggi dalam 120FPS bagi game-game yang telah men-support 120FPS.

Ditambah dengan koneksi 5G, yang memberikan response time yang baik, membuat pengguna dapat lebih kompetitif ketika bermain game-game seperti Mobile Legends atau PUBG mobile, memberikan pengalaman bermain game online yang lebih baik melalui mobile. 

Selain itu, 5G juga memungkinkan adanya new frontier dalam dunia gaming, yaitu cloud gaming. Pada saat ini, cloud-gaming hanya dapat dilakukan melalui konektivitas broadband. Dengan adanya 5G, memungkinkan pengguna Samsung Galaxy S21 Series 5G untuk melakukan cloud gaming melalui perangkat Samsung Galaxy S21 Series 5G yang mereka miliki. 

5G, Konektivitas untuk Masa Depan 

Teknologi 5G implikasinya adalah masa depan. Karena pada saat ini, belum banyak hal secara use-case yang kita ketahui. Teknologi 5G adalah peluang bagi para developer untuk benar-benar mengadopsi kekuatan dari 5G secara penuh sehingga dapat dinikmati oleh para konsumen dengan lebih baik lagi.
Namun salah satu use-case 5G yang dapat dilihat saat ini adalah bagaimana 5G dapat berkontribusi kepada Internet of Things (IoT).  

Meskipun belum sepenuhnya mengadopsi IoT, Samsung Galaxy S21 Series 5G telah memiliki fitur Smart Things yang memiliki banyak sekali potensi di masa depan, pada saat ini, fitur SmartThings digunakan untuk mencari perangkat-perangkat Galaxy yang dimiliki oleh konsumen melalui SmartThings Find. Namun kedepannya, menghubungkan dan mengoperasikan perangkat-perangkat yang ada di rumah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dengan adanya teknologi 5G.  

Soal harga, Samsung menetapkan harga resmi Galaxy S21 5G mulai Rp. 12.999.000, Galaxy S21+ 5G mulai Rp. 15.999.000, Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18.999.000.   

SHARE:

Apple Bakal Gelar WWDC 2024, Ungkap iOS 18 hingga Teknologi AI

Menantikan Sepak Terjang Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru Honda Prospect Motor