Menyulap Ponsel Lawas Jadi Kamera CCTV Rumahan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Jangan pernah buang ponsel lama Anda! Ya, Anda bisa memanfaatkan ponsel lawas untuk mengubahnya menjadi sesuatu perangkat lain yang bermanfaat, salah satunya semacam kamera keamanan.

Memang belum tentu kita akan mendapatkan semua fitur cerdas dari kamera surveillance khusus atau salah satu fitur yang lebih cerdas dari Nest, Arlo, dan sebagainya. Namun jika ingin menghemat uang, berikut cara mengubah ponsel lama Anda menjadi kamera keamanan rumah.

Baca Juga:
Tips Aman Membaca di Ponsel Agar Mata Tak Rusak

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih aplikasi kamera keamanan yang tepat.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi kamera keamanan yang tersedia di luar sana. Mana yang “terbaik” sepenuhnya terserah Anda bergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda, dan juga seberapa banyak Anda bersedia membayar layanan yang ditawarkan.

Beberapa dari aplikasi itu tidak memungut bayaran alias gratis, namun ada juga yang menawarkan fitur cerdas dalam aplikasi seperti kemampuan untuk menyimpan rekaman di cloud dengan biaya bulanan. Seperti yang kami katakan, ini bergantung pada kebutuhan Anda, tetapi kami telah membuat daftar beberapa yang layak untuk dicoba.

AtHome Camera
AtHome Camera menjadi salah satu aplikasi kamera keamanan paling populer yang tersedia saat ini untuk smartphone.

Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur cerdas seperti night vision, AI yang dapat mengenali dan membedakan antara orang dan objek sehingga Anda tidak selalu waspada terhadap gerakan, pembicaraan dua arah sehingga Anda dapat berbicara melalui smartphone dan mendengarkan apa yang terjadi, dan juga fitur timelapse yang memungkinkan Anda melihat apa yang terjadi dalam 24 jam terakhir dengan cepat.

Alfred
Alfred menjadi opsi populer lainnya untuk aplikasi kamera keamanan ponsel cerdas. Alfred mendukung pembicaraan dua arah, deteksi gerakan, filter cahaya rendah yang membuatnya lebih baik dalam melihat dalam gelap, dan juga mode sirene.

Bahkan ada kemampuan untuk membuat “trust circle” yang memungkinkan teman Anda mengakses kamera jika diizinkan, dan ada juga dukungan untuk beberapa perangkat yang dapat mendengarkan dan menonton streaming.

Manything
Manything adalah aplikasi yang berfungsi sebagai kamera CCTV biasa, tetapi juga memiliki manfaat tambahan untuk bekerja dengan ponsel cerdas.

Manything memungkinkan pengguna untuk feed umpan langsung dari mana saja melalui aplikasi yang menyertainya, dan Anda juga dapat memilih untuk menyimpan video tersebut ke cloud untuk di-review nanti. Selain itu, ada dukungan untuk remote control, menyesuaikan zona deteksi, dan peringatan gerakan.

Baca Juga:
Tips Memilih Monitor yang Tepat untuk Bekerja Dari Rumah

Setelah memilih aplikasi, sekarang pilih lokasi untuk menyimpan kamera CCTV rakitan Anda.

Pemilihan lokasi ini sangat penting karena beberapa alasan, salah satunya bergantung pada kekuatan kamera ponsel cerdas Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat keluaran lebih lama, hal ini akan mempengaruhi kemampuan tangkapan kamera tersebut.

Bila daya jangkau kamera Anda mungkin tidak seluas kamera baru, Anda harus memastikan bahwa ponsel cerdas itu diposisikan dengan cara yang dapat menangkap lebih banyak detail.

Anda juga perlu mempertimbangkan pencahayaan yang cukup untuk memastikan bahwa rekaman Anda dapat digunakan dan juga untuk membantu deteksi gerakan.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memasang dan memastikan daya baterai smartphone Anda.

Agar kamera rakitan berfungsi optimal, pastikan ponsel cerdas Anda dicolokkan dan diberi daya sepanjang waktu, setidaknya jika Anda ingin memiliki rekaman video yang berkelanjutan.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa ponsel Anda dekat dengan WiFi rumah sehingga dapat merekam dan menyimpan rekaman yang ditangkapnya ke perangkat lain, seperti ponsel cerdas utama, atau ke cloud sehingga juga dapat mengirimi notifikasi.

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk membeli kabel pengisi daya yang lebih panjang jika ketinggian atau posisi yang Anda pilih jauh dari sumber daya.

- Advertisement -

Latest News

Stok Langka, Sony Bakal Hadirkan PlayStation 5 Modifikasi

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 menjadi salah satu konsol yang paling diminati. Bahkan berhasil menjadi konsol dengan penjualan tercepat...

Twitter Jajal Tip Jar, Fitur Kirim-kirim Uang

Technologue.id, Jakarta - Twitter melakukan uji coba fitur Tip Jar pada aplikasinya yang ada di Android dan iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna...

Clubhouse Versi Android Dirilis

Technologue.id, Jakarta - Clubhouse mulai ditinggalkan oleh pengguna iOS. Untuk menggaet pengguna dari platform lain, aplikasi media sosial berbasis video itu akhirnya...

Telkomsel Luncurkan Program UMKM Surakarta Go Digital

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel melakukan kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Kota Surakarta dalam menyukseskan program UMKM Surakarta Go Digital. Senior Vice...

Angkat Konten Edukasi, TikTok Luncurkan Buku Panduan “Sama-sama Belajar”

Technologue.id, Jakarta - TikTok menghadirkan Buku Panduan #SamaSamaBelajar untuk membantu para guru dan orangtua dalam membuat video edukasi di TikTok, yang bisa mendukung...

Related Stories