Technologue.id, Jakarta – Implementasi artificial intelligence benar-benar makin luas. Selain termostat, kamera pengintai, sampai speaker pintar, kini juga ada mesin cuci berteknologi AI.

Mesin cuci dengan model WW7800M buatan Samsung itu memang sengaja ditanami dengan teknologi QuickDrive. Dari klaim Samsung, teknologi termutakhir tersebut dapat mengurangi waktu mencuci pakaian hingga separuhnya. Dalam pengaturan Super Speed, misalnya, proses mencuci hanya membutuhkan waktu 39 menit saja.

Ada juga fitur AddWash, yang memungkinkan Anda menambahkan cucian baru beserta deterjen atau pelembut selama siklus pencucian berlangsung.

Baca juga: 

Ternyata Samsung dan Google Biang Kerok Baterai Boros

Namun di samping itu, mesin cuci yang sudah mendukung era Internet-of-Things (IoT) ini juga dibekali dengan AI yang disebut Q-rator. Samsung menjelaskan (12/02/2018) jika Q-rator membuat mesin cuci ini lebih pintar.

Mesin Cuci Ini Bertenaga Artificial Intelligence, Lebih Bersih Mencucinya?
Deretan mesin cuci Samsung WW7800M yang dipamerkan di Italia (eksklusif / Technologue.id)

Pertama, mesin cuci ini berfitur Laundry Planner. Gunanya adalah untuk membantu user mengelola waktu penyelesaian mencuci sesuai jadwal kebutuhannya. Ada juga HomeCare Wizard. Manfaatnya adalah untuk memonitor mesin cuci pintar ini dari jarak jauh. Apabila ada potensi masalah, Samsung WW7800M bisa mengabarkan pada empunya secara cepat dan bisa memberikan solusi pemecahan dari masalah tersebut.

Baca juga: 

Samsung Galaxy XCover4 Resmi Masuk Indonesia, Apa Saja Kehebatannya?

Terakhir, ada fitur Laundry Recipe, yang memberikan rekomendasi otomatis untuk mode pencucian yang optimal berdasarkan informasi cucian yang dimasukkan pengguna, meliputi warna, jenis kain, dan banyaknya kotoran. Alhasil, konsumen tidak perlu menebak-nebak siklus pencucian mana yang paling tepat untuk cuciannya hari itu. Kendati tak diungkap secara gamblang bahwa mesin cuci ini dapat mencuci lebih bersih, ada kans dengan perlakuan yang benar terhadap cucian Anda, maka efisiensi kerjanya pun lebihi baik.

Baca juga: 

Ponsel Murah Samsung Bakal Bisa Hasilkan Foto Bokeh Layaknya Flagship

Redaksi belum dikabarkan secara resmi oleh Samsung terkait harga per unit mesin cuci ini. Akan tetapi, WW7800M yang dipamerkan di Italia beberapa waktu lalu sudah dipastikan hadir untuk pasar Asia Tenggara, di samping Oseania.

 

Share this