Technologue.id, Jakarta – Microsoft nampaknya ingin memfokuskan diri untuk mengembangkan Windows 10 Mobile dan segera meninggalkan platform sebelumnya, seperti Windows Phone 8.1.

Mengutip dari NextPowerUp (10/07/17), Microsoft baru saja mengumumkan kalau mereka segera menghentikan dukungan terhadap Windows Phone 8.1. Padahal, sistem operasi mobile tersebut selama ini masih banyak digunakan oleh para pengguna smartphone berbasis Windows.

Dengan dihentikannya dukungan tersebut, pengguna perangkat yang berbasis Windows Phone 8.1 tak akan lagi mendapatkan update baik berupa patch keamanan maupun perbaikan bug dan peningkatan kinerja sistem.

Rencananya, penghentian dukugan tersebut akan dilakukan terhitung mulai 11 Juli 2017 ini. Hal ini secara tidak langsung menandakan bahwa setelah tanggal tersebut, Microsoft hanya fokus untuk menyediakan update untuk Windows 10 Mobile.

Perlu diketahui bahwa penghentian dukungan itu mungkin punya pengaruh yang cukup besar karena saat ini pangsa pasar Windows Phone 8.1 masih cukup besar (70 persen) dibandingkan dengan sistem operasi mobile berbasis Windows lainnya.

Jika tidak mendapatkan update ke Windows 10 Mobile, bisa jadi, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengganti gadget yang sedang digunakan. Atau, berganti platform seperti Android atau iOS pun bisa menjadi solusi alternatif.

 

Baca juga:

Microsoft Pecat 3.000 Karyawannya Secara Global

Microsoft Bikin Perangkat Premium Berbasis Windows 10 Mobile?

Microsoft Punya Keyboard “Modern”, Ada Fingerprint Sensor-nya!