Microsoft Lacak Serangan Phishing Berformat Excel

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Microsoft baru-baru ini menemukan adanya phishing secara besar-besaran dalam format Excel. Kejahatan siber ini dilakukan dengan mengatasnamakan dokumen terkait COVID-19.

Dilansir dari ZDNet pada Rabu (27/5/2020), korban phising yang membuka file Exel tersebut nantinya akan secara otomatis mendownload dan menjalankan NetSupport Manager. Aplikasi itu akan mengambil kendali akses komputer korban dari jarak jauh.

Baca Juga:

Google Temukan 18 Juta Malware dan Email Phising Terkait COVID-19

Microsoft mengatakan ratusan file berbahaya dalam format Excel ini menggunakan “formula yang sangat dikaburkan”. Dimana file tersebut pada akhirnya akan terhubung pada satu URL yang sama untuk mengunduh dan menjalankan NetSupport Manager.

“File berformat Exel itu mengatasnamakan Johns Hopkins Center dengan judul ‘WHO COVID-19 SITUATION REPORT’. Kami sudah melihat adanya peningkatan aksi kejahatan siber yang menggunakan isu virus Corona sejak April lalu,” ujar Microsoft.

Baca Juga:

Pandemi Corona, Serangan Siber Meningkat

Serangan phishing sendiri, dalam Laporan Ancaman GTIC (Global Threat Intelligence Center) yang dibuat oleh NTT Ltd. pada bulan Maret dan April 2020, mengalami peningkatan yang signifikan. Serangan-serangan tersebut menggunakan subjek COVID-19 sebagai umpan.

Para penjahat siber menggunakan momen besar seperti pandemi virus Corona untuk melancarkan aksinya. Mereka memanfaatkan rasa ingin tahu masyarakat dimana wabah yang mendunia ini sedang menjadi sorotan.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories