Technologue.id, Jakarta – Setelah Samsung menginisiasikan smartphone lipat Galaxy Fold, teknologi layar lipat perlahan-lahan mulai menjadi tren dikalangan para produsen gadget. Dan kini, giliran Microsoft yang akan segera mengimplementasikannya pada sebuah perangkat.

Mengutip dari TheVerge (13/09/19), Microsoft dikabarkan tengah menciptakan perangkat terbaru untuk lini Surface yang dilengkapi dengan layar yang bisa dilipat. Dan hal itu didukung dengan beredarnya sebuah skema paten yang tersebar di dunia maya.

Dari paten tersebut, tampak bahwa Microsoft memanfaatkan sebuah cairan khusus yang berfungsi untuk mengurangi tingkat keausan lipatan layar. Dengan begitu, Microsoft berharap bagian layar yang sering terlipat akan bertahan lama dan tak cepat rusak.

Cairan tersebut bekerja dengan cara diisi dengan cara memasukkannya ke dalam rongga yang ada di sekitar layar fleksibel. Setelah itu, cairan tersebut dapat membantu pergerakan engsel saat layar mulai ditekuk. Pasalnya, seperti perangkat lipat lainnya, Microsoft pun menggunakan dua buah bagian terpisah namun akan menjadi satu saat posisi layar tidak ditekuk.

Meski belum diketahui detailnya, salah satu perangkat Surface yang memiliki kodenama “Centaurus” ini nantinya akan berupa tablet ataupun laptop hibrida. Untuk mewujudkannya, saat ini pihak Microsoft juga tengah membicarakannya dengan pihak lain yang terkait, seperti Intel.