Technologue.id, Jakarta – Microsoft memperkenalkan produk terbarunya dari lini Surface sebagai pesaing berat Macbook Air. Laptop tersebut dikabarkan akan meluncur pada 15 Juni mendatang, dengan harga $999 atau sekitar Rp 13,2 jutaan.

Dilansir dari BBC (3/5/2017), pada lini produk terbaru Surface tersebut, beban yang harus ditanggung oleh penggunanya hanyalah 1,25 kg, membuatnya lebih ringan dari Macbook Air. Namun, baterai yang tersemat di dalamnya diklaim mampu bertahan hingga 14 jam.

Microsoft juga menyematkan versi OS terkininya ke dalam Surface jenis baru itu. Adapun OS yang dimaksud tersebut adalah Windows 10 versi terbaru, yang ditujukan kepada pengguna pelajar dan didesain sedemikian rupa agar bekerja dengan baik di komputer berkelas low-cost.

Carolina Milanesi selaku Creatibe Strategies mengatakan, “Macbook Apple memang populer dikalangan pelajar, namun tidak ada model baru hingga saat ini. Jadi, Microsoft mencoba untuk mencuri perhatian pasar dari pesaing lamanya tersebut.”

Lebih lanjut, pihak Microsoft lebih menjelaskan kemampuan Windows 10 versi terbarunya. Menurut mereka, OS yang akan dijual dengan harga $189 atau sekitar Rp 2,5 juta tersebut memiliki kemampuan untuk mengurangi penggunaan baterai yang lebih baik dan lebih handal dalam menghadapi ancaman virus.

Sayangnya, kemampuan untuk bertahan dari virus tersebut membatasi penggunaan aplikasi di dalamnya. Sehingga, aplikasi yang bisa dijalankan hanya yang tersedia di dalam Windows Store.

 

Baca juga:

Acer Perkenalkan Laptop Tipis dan Ringan Berbalut Aluminium

Laptop Dell Inspiron 15 Gaming Baru Meluncur, Dibanderol Mulai Rp12 juta an

Gigabyte Luncurkan Laptop Gaming Ekonomis, Sabre 15