HomeGadgetMicrosoft Siapkan Windows 11 SE untuk Jegal Chromebook

Microsoft Siapkan Windows 11 SE untuk Jegal Chromebook

Technologue.id, Jakarta – Microsoft dilaporkan akan merilis sistem operasi Windows 11 baru yang lebih ringan dan perangkat laptop yang terjangkau. Hal ini sebagai upaya untuk mengambil alih pasar Edukasi kelas anggaran yang didominasi sistem operasi Chromebook.

Dilansir dari Windows Central (26/10/2021), Microsoft saat ini sedang mengerjakan perangkat laptop baru yang ditujukan untuk pasar pendidikan K-12. Perangkat itu beroperasi dengan Windows 11 SE, sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer murah.

Baca Juga:
Spesifikasi Minimum Windows 11

Laptop baru, dengan nama kode Tenjin, ini dikabarkan akan menggunakan bodi plastik, resolusi 1377×768, prosesor Intel Celeron N4120 dan RAM hingga 8GB.

Laptop ini dirancang seperti laptop EDU murah lainnya, sebut saja seri Lenovo 100W atau HP Stream, yang didistribusikan dalam jumlah besar untuk lembaga pendidikan.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa laptop baru itu mungkin dijual dengan merek Surface, kemungkinan disebut Surface Laptop SE. Tidak ada informasi tentang apa arti SE, tetapi mungkin itu adalah singkatan dari Student Edition (Edisi Pelajar) atau School Edition.

Tenjin akan bersaing secara langsung dengan Chromebook murah dari HP, Dell, dan Lenovo yang telah sukses besar mengirimkan perangkat Chromebook seharga US$400 untuk pasar pendidikan.

Baca Juga:
Windows 11 Bikin Prosesor AMD Lemot, Update-nya Sudah Ada

Ini bukan pertama kalinya Microsoft mencoba mengambil alih dominasi Google di pasar laptop murah dan terjangkau. Windows RT adalah merek Windows 8 yang berjalan pada prosesor ARM. Itu kemudian digantikan oleh Windows 10 S, yang dihapus pada Maret 2018.

Dan kemudian pada tahun 2020, Microsoft mengumumkan Windows 10X, yang akhirnya juga dibatalkan. Namun, banyak elemen desain Windows 10X terintegrasi ke dalam Windows 11.

Laptop Tenjin bakal diumumkan sebelum akhir tahun ini.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More