Microsoft Surface Pro 2017 Alami Masalah Kepanasan

Technologue.id, Jakarta – Perangkat mahal berkualitas tinggi belum tentu bisa lepas dari masalah yang cukup serius, seperti kepanasan atau biasa yang disebut dengan overheat. Dan inilah yang dialami oleh tablet terbaru keluaran Microsoft, Surface Pro.

Mengutip dari NextPowerUp (11/07/17), belum lama ini sebuah website pengujian laptop ternama, Notebookcheck baru saja melakukan sejumlah pengujian terhadap perangkat Microsoft Surface Pro terbaru dengan varian Core i5-7300U dan Core i7-7600U.

Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan kalau kedua varian Surface Pro 2017 itu mengalami masalah overheat pada saat beban kerja prosesornya tinggi. Ketika itu, suhu prosesornya bisa mencapai 57 celcius.

Tak cuma itu, saat mengalami overheat, kinerja dari prosesor pun terasa tersendat-sendat atau yang biasa disebut throttling. Ini terjadi pada saat prosesor mencapai suhu puncak dengan frekuensi 2,3 GHz.

Menurut Notebookcheck, masalah tersebut tidak bisa diatasi hanya dengan optimalisasi kinerja via software yang bisa didistribusikan melalui perilisan patch atau firmware terbaru. Satu-satunya yang bisa mengatasi hal tersebut hanyalah perubahan desain bodi dan aliran udara (airflow).

Di sisi lain, ada juga pengguna yang melaporkan kalau Microsoft Surface Pro 2017 mengalami masalah lain, yakni perangkat tersebut kadang memasuki mode hibernasi secara acak. Bahkan, dalam kondisi tertentu, perangkat tersebut bisa shut down secara otomatis.

 

Baca juga:

Surface Laptop dan Surface Pro Mulai Dijual Secara Global

Jegal Apple MacBook Pro, Microsoft Hadirkan Surface Book

MacBook Pro Terbaru Punya Satu Kelemahan Vital, Wajib Tahu!