Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Mirip-mirip, Ini Beda Instagram Reels dan Tiktok
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Belum lama ini Instagram 'Reels' telah hadir untuk dinikmati oleh pengguna media sosial di Indonesia. Reels merupakan fitur baru untuk membuat dan berbagi video yang tampak mirip dengan TikTok.

Kehadiran Reels di Instagram diprediksi akan memanaskan rivalitas antara Instagram dan TikTok. Pasalnya, platform berbagi video pendek tersebut sangat populer di kalangan generasi muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Walaupun tampak serupa, namun Reels dan TikTok tidaklah sama. Lalu, apa sih bedanya? Simak daftarnya, seperti dilansir dari later.com.

Baca Juga:
Reels, Fitur Baru Instagram Mirip TikTok

Tampilan

Tampilan antara TikTok dan Instagram Reels sangat berbeda. Meski sama-sama memiliki empat tab, namun susunan tab dari kedua layanan ini berbeda.

Keempat tab di Instagram Reels terdiri dari Home, Search, Shop, dan Profil. Sementara TikTok memiliki empat tab yang mencakup Home, Search, Inbox, dan Profil.

Saat pertama kali membuka Instagram Reels, pengguna akan langsung disuguhkan dengan berbagai konten video pendek yang diunggah di tab khusus. Sedangkan TikTok, langsung memunculkan preview video di halaman FYP. Ada dua menu di FYP yang bisa dipilih oleh pengguna TikTok, yaitu "For You" dan "Following".

Instagram Reels juga didominasi dengan warna terang (White), sementara TikTok dibalut dengan nuansa gelap (Black).

Batas waktu video

TikTok memperpanjang panjang maksimum videonya menjadi 60 detik pada awal 2020. Ini juga berbeda denga Reels yang durasinya dibatasi hingga 30 detik saja.

Baca Juga:
Instagram Tawarkan Uang Insentif agar Pengguna Betah di Reels

Fitur dan Tool video editing

Meskipun antarmuka pengeditan Reels dan TikTok mungkin terlihat serupa, namun keduanya sangat berbeda satu sama lain.

Di TikTok, filter sangat populer — pengguna dapat memilih dari sejumlah efek, template, dan filter.

Sementara di Instagram, efek video lebih terbatas — pengguna hanya dapat memilih efek dari Effects library Instagram sebelum mereka merekam setiap klip video.

Identitas

Hal yang paling mudah untuk dibedakan dari Reels dan TikTok adalah identitas. Pasalnya, kedua aplikasi itu dibuat oleh dua perusahaan yang berbeda dengan wilayah geografis yang tak sama pula. Jika TikTok adalah aplikasi buatan China, Reels justru dibuat di Amerika Serikat.

So, Anda lebih pilih Instagram Reels atau TikTok?

SHARE:

Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia

Game Ghost of Tsushima Director's Cut Akan Hadir di Platform PC