Mobil Tanpa Awak Akan dicoba di Inggris Pada 2019

Contoh mobil tanpa awak, yang diciptakan oleh Google (source: The Huffington Post)

Technologue.id, Jakarta – Sebuah perusahaan di Inggris berencana untuk melakukan uji coba mobil tanpa awak secara langsung di jalan raya pada tahun 2019 mendatang. Bukti dari majunya perkembangan teknologi manusia di bidang transportasi tersebut akan menempuh jarak antara London dan Oxford.

Dikutip dari BBC (25/4/2017), mobil-mobil yang akan diuji cobakan tersebut memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi. Adapun komunikasi yang dilakukan adalah berupa peringatan tanda bahaya, sehingga diklaim mampu menimimalisir terjadinya kecelakaan.

Uji coba sebelumnya telah dilakukan dengan kecepatan yang rendah, dan juga tidak di jalan raya. Dengan uji coba ini maka diharapkan akan menjadi penentu kualitas dari mobil tanpa pengemudi yang lebih akurat.

Prof Paul Newman selaku Pendiri, dari Universitas Oxford mengatakan, “Kami melakukan peningkatan uji coba, dari satu mobil tanpa pengemudi menjadi kumpulan mobil tanpa pengemudi. Menariknya, mobil-mobil itu akan saling berbagi informasi satu sama lain.”

Pemerintah Inggris pun mendukung program mobil tanpa awak ini, dengan memberikan dana sebesar 8,6 juta Poundsterling. Selain itu, banyak perusahaan asuransi yang juga ikut andil di dalam proyek yang akan mengharumkan nama Britania tersebut.

Pemerintah Inggris sendiri telah menyiapkan dana sekitar 100 juta Poundsterling sebagai bentuk komitmen mereka untuk mendukung proyek mobil tanpa pengemudi. Harapan di dalamnya tentu adalah Inggris menjadi pemimpin di bidang teknologi tersebut.

Baca juga:

Ford: Mobil Cerdas Tak akan Laku hingga Tahun 2026

Apple Ingin Ciptakan Mobil Cerdas?

Ternyata, Makin Banyak Orang Beli Mobil Pintar