Motorola Moto X4 “Hanya” Smartphone Lain dengan Dual-Camera dan IP68?

Bocoran desain Moto X4 (source: Twitter / evleaks)

Technologue.id, Jakarta – Masuknya lagi Motorola ke Indonesia tahun lalu cukup membuat pasar smartphone Tanah Air lebih berwarna. Walaupun warna yang “disumbangkan” anak perusahaan Lenovo itu tak mencolok-mencolok amat.

Namun jangan buru-buru meremehkan, karena mereka disebut bakal merilis beberapa produk baru lagi dan ada kans dimampirkan ke Indonesia. Salah satunya adalah Moto X4.

Dari bocoran yang disebarkan Evan Blass lewat akun Twitter-nya @evleaks (04/07/17), gawai yang diisukan mengusung ukuran 5,2 inci itu punya kamera ganda di belakang bodinya masing-masing 12MP dan 8MP, tombol home dengan sensor pemindai sidik jari di dalamnya, serta sertifikat IP68 yang membuatnya bisa dioperasikan di bawah air selama 30 menit.

Adapun jeroannya dirumorkan memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 639 Octa-Core 2.2GHz, RAM 4GB, ROM 64GB plus slot microSD, OS Android 7.1 Nougat, dan baterai 3.000mAh.

Secara garis besar, bocoran spesifikasi Moto X4 mengisyaratkan kalau handset tersebut punya bekal yang cukup untuk bersaing dengan perangkat premium lain yang sudah ada, misalnya Samsung Galaxy S8, OnePlus 5, atau bahkan iPhone 7 Plus. Akan tetapi, ada satu poin tambah dari Moto X4 yang bukan tidak mungkin membuatnya lebih unggul dari deretan flagship pesaingnya itu.

Melansir AndroidAuthority (05/07/17), produk tersebut bakal jadi smartphone pertama non-Google phone yang kompatibel dengan Project Fi. Itulah layanan internet dari Google untuk perangkat seluler yang memungkinkan pengguna terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi di suatu lokasi dan beralih ke jaringan 4G jika koneksi Wi-Fi melemah. Project Fi untuk saat ini dibuat secara eksklusif alias hanya pemegang kartu SIM khusus dari Google yang bisa memakainya.

Namun karena layanan ini belum ada di Indonesia, sepertinya tak akan berpengaruh banyak bagi konsumen lokal. Mungkin, Lenovo perlu strategi lain untuk menggaet antusiasme pasar Tanah Air jika benar-benar ingin merilis Moto X4 yang disebut hadir perdana mendekati ujung tahun 2017. Setuju?

 

Baca juga:

Motorola Menambah Barisan Mods untuk Moto Z

Inikah Spesifikasi Motorola Moto Z2?

Review: Motorola Moto C, Smartphone Ekonomis dengan Android Nougat