Technologue.id, Jakarta –  Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Motorola biasanya meluncurkan seluruh smartphone Moto seri Z secara bersamaan. Pada tahun ini, hanya sebagian saja Moto seri Z terbaru yang bisa dilepas ke pasar.

Baca juga:

Lenovo Jadi yang Pertama Hadirkan Smartphone 5G?

Mengutip dari TheVerge.com (02/08/2018), Motorola dikabarkan baru saja memperkenalkan smartphone Moto Z3 pada sebuah acara yang berlangsung di Chicago. Namun pada saat itu, versi Force dari Moto Z3 absen sehingga tidak diperliatkan ke khalayak ramai.

“Kami tidak akan meluncurkan seri Moto Z lainnya pada tahun 2018 ini,” ucap pihak Motorola Amerika Serikat melalui akun Twitter resminya (@MotorolaUS), pada tanggal 3 Agustus 2018.

- Advertisement -

Baca juga:

Motorola Bakal Rilis Smartphone Lipat Juga?

Dengan adanya pernyataan tersebut, berarti untuk tahun ini hanya ada smartphone Moto Z3 dan Moto Z3 Play. Untuk Moto Z3 Play sendiri, sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Motorola pada bulan Juni 2018 kemarin. Namun semuanya hingga saat ini belum diluncurkan secara resmi.

Baca juga:

8 Ponsel Terbaik Berkapasitas Baterai Besar, dari yang Mahal ke Murah

Walaupun belum mengeluarkan pernyataan resmi, diperkirakan ada beberapa alasan yang membuat Motorola tidak merilis versi Force secara bersamaan. Salah satu di antaranya adalah angka penjualan versi Force yang tidak mengesankan dari tahun ke tahun dibandingkan dengan seri Moto Z lainnya. Alasan lainnya, bisa saja Motorola akan mengganti seri Force untuk kepentingan marketing.