Technologue.id, Jakarta – Pemantauan kesiapan jaringan menghadapi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah terus dilakukan operator telekomunikasi, termasuk XL Axiata (XL). Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggannya dalam melakukan aktivitas mudik dan merayakan lebaran bersama keluarga.

Berbagai upaya persiapan yang sudah dilakukan tersebut dipaparkan oleh Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya di acara kunjungan Menteri Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, Rudiantara bersama BRTI dan media di pusat monitoring jaringan XL Axiata (Network Operation Center) di Jakarta.

“Saat ini kami terus all out menyiapkan kesiapan jaringan kami. Ini merupakan rangkaian komitmen kami untuk menjaga kenyamanan berkomunikasi masyarakat/pelanggan selama periode Ramadan,dan Lebaran termasuk selama masyarakat melakukan aktiiftas mudik menuju kampung halamannya,” jelas Yessie.

Ia juga mengaku sudah banyak upaya yang telah dilakukan XL diantaranya meningkatkan kapasitas jaringan, optimisasi, rebalancing, drive test di berbagai lokasi, serta penempatan berbagai perangkat pendukung seperti mobile BTS di berbagai lokasi yang menjadi sentra aktifitas mudik dan pusat-pusat keramaian.

“Selain itu kami juga secara masif terus melakukan perluasan jaringan 3G dan 4G sebanyak 7.000 BTS baru ke berbagai wilayah di Indonesia,” papar Yessie di hadapan Menkominfo Rudiantara dan awak media.

Hingga tiga hari menjelang lebaran, mulai terlihat adanya perpindahan aktifitas komunikasi pelanggan dari wilayah Jabotabek ke berbagai lokasi di Jawa Barat, Jawa Tengah & DIY serta Jawa Timur.

Pelanggan yang berpindah dari Jabotabek tersebut sudah mencapai sekitar 1,5 juta pelanggan, sehingga dampaknya jumlah pelanggan XL Axiata yang melakukan aktifitas komunikasi di Jawa Barat meningkat sebesar 12,5 persen, Jawa Tengah & DIY 16 persen, Jawa Timur 13 persen.

Peningkatan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga periode tiga hari setelah lebaran. Selama periode mudik dan lebaran, trafik layanan XL diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 20 persen sampai dengan 30 persen untuk penggunaan layanan data, serta 5 persen untuk layanan SMS dan percakapan.

Yessie menambahkan, selama tiga hari jelang lebaran ini, perilaku pelanggan XL Axiata dalam menggunakan layanan data juga cenderung mengalami kenaikan. Penggunaan media sosial menjadi aktiftas favorit bagi pelanggan.

“Terlihat penggunaan media sosial mulai dari streaming Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApps Messenger dan Twitter sangat mendominasi trafik layanan XL Axiata dan diperkirakan akan semakin meningkat saat lebaran dan beberapa hari setelahnya,” ujarnya lagi.

Untuk menjamin kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. Dengan penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS tersebut optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 288 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesi, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.

Baca juga :
3.860 Orang Mudik Gratis Berkat Telkom dan BUMN
Saatnya Ciptakan Dunia yang Lebih Baik Lewat Telkom Socio Digi Leaders
Rayakan Ultah ke-22, Telkomsel Tebar Virus ‘Memajukan Negeri’