Technologue.id, Jakarta – Pasar single-board computer mungkin tak seramai komputer konsumer pada umumnya, seperti desktop PC dan laptop. Namun bagi sebagian perusahaan, industri tersebut masih memiliki ceruk pasar yang cukup menjanjikan.

Mengutip dari NextPowerUp (05/07/17), sebuah perusahaan bernama FriendlyARM baru saja memperkenalkan produk single-board computer terbarunya bernama NanoPi Neo Plus 2. Satu hal yang cukup istimewa adalah, ukurannya setengah lebih kecil daripada Raspberry Pi 3 namun dengan spesifikasi yang kurang lebih sama.

Perangkat tersebut sendiri ditenagai oleh sebuah prosesor quad-core buatan ARM, Cortex-A53. Untuk menunjang performanya, terdapat RAM berkapasitas 1 GB. Tak cuma itu, FriendlyARM juga menyematkan sebuah memori internal berkapasitas 8 GB.

Untuk konektivitas, terdapat modul Gigabit ethernet untuk koneksi kabel, Wi-Fi berstandar 802.11n, serta Bluetooth versi 4.0 untuk koneksi nirkabel. NanoPi Neo Plus 2 tersebut menggunakan sistem operasi bawaan berupa Ubuntu Core.

Dengan sistem operasi dan spesifikasi hardware tersebut, serta ukurannya yang mungil, perangkat tersebut cocok digunakan untuk pengaplikasian Internet of Things yang membutuhkan perangkat kecil dengan kemampuan transmisi data dan komputasi yang cepat.

Rencananya, perangkat berukuran 40 x 52 mm itu akan dijual dengan harga US$24,99 atau sekitar Rp340 ribu. Sayangnya, belum jelas apakah nantinya NanoPi Neo Plus 2 juga akan tersedia di Indonesia secara resmi.

 

Baca juga:

Zotac Pamerkan PC Super Mungil di Computex 2017

Windows 10 Berbasis ARM Didukung oleh Sejumlah Produsen PC

Pasar Desktop PC Bakal Terus Merosot?