Technologue.id, Jakarta – Walau Google sudah memberikan fitur Device Manager untuk melacak keberadaan perangkat Android saat hilang atau dicuri, banyak Apple fanboy tetap bangga dengan apa yang bisa dilakukan gadget kesayangannya. Untuk urusan serupa, Apple menyainginya dengan aplikasi Find My iPhone yang akurasinya terbilang begitu baik.

Ke depannya, keamanan iPhone bahkan bisa lebih baik lagi. Dari laporan AppleInsider (25/8/16), Apple tengah mempersiapkan fitur baru. Menurut aplikasi paten yang sudah mereka kirimkan, iPhone next-gen bakal mampu merekam sidik jari pengguna yang tak berhak lewat fitur Touch ID yang tertanam di bawah tombol home.

Tak hanya identifikasi biometrik itu yang disimpan, tetapi foto dan video yang dihasilkan oleh kamera plus rekaman suara dari microphone iPhone tersebut pun dapat disetorkan ke server atau disimpan secara lokal. Dengan prosedur tertentu, user pun bisa memiliki data-data tersebut.

Kendati sekilas terdengar sangat aman, namun kemampuan seperti ini bisa saja membawa permasalahan baru, terutama terkait pelanggaran privasi. Karena masih baru dalam tahap pengajuan paten, fitur ini pun bisa dipastikan tak akan dibekalkan pada iPhone yang dirilis dalam waktu dekat.

- Advertisement -

Kira-kira fitur ini jadi dibenamkan di iPhone versi ke berapa ya?

 

Baca juga:

REKOR BARU APPLE, 1 MILIAR IPHONE TELAH TERJUAL!

APPLE MAU BAYAR RP 2,6 MILIAR UNTUK PARA HACKER

APPLE MAU TIRU FITUR CANGGIH DI PONSEL SAMSUNG… 2 TAHUN LAGI!