Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
NASA Akan Menyelidiki 'Pesta Geologi' di Delta Sungai
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - NASA mengatakan delta sungai kering adalah "misi terbaik untuk menemukan sisa-sisa kehidupan mikroba purba yang diawetkan." Itulah sebabnya NASA pergi ke Mars.

Penjelajah robot memulai kampanye sains baru pada hari Senin lalu dengan tujuan menjelajahi delta sungai kuno yang dapat menyimpan segala macam rahasia menarik tentang planet merah.

Baca Juga:
NASA Temukan Komet Terbesar dalam Sejarah

"Delta di Kawah Jezero menjanjikan pesta geologi yang sesungguhnya dan merupakan salah satu lokasi terbaik di Mars untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroskopis masa lalu," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA.

Deputi program ilmuwan Adrian menambahkan: "Kemungkinan lain yang membingungkan adalah bahwa kita dapat menemukan jejak fosil kehidupan Mars kuno di batuan delta ini." Dalam satu skenario, Brown menulis, kehidupan mungkin telah dimulai di Mars sekitar 4 miliar tahun yang lalu ketika itu adalah tempat yang lebih ramah. Bukti yang diawetkan dari kemungkinan mikroba itu bisa saja hanyut ke sungai dan kemudian ke kawah.

Selanjutnya, Percy akan mengumpulkan sampel batuan dari daerah ini. Di sisi lain, NASA sedang mengerjakan misi pengembalian sampel untuk mengambil koleksi batuan rover dan membawanya kembali ke Bumi untuk studi terperinci di laboratorium.

"Kami akan mencari tanda-tanda kehidupan purba di bebatuan di dasar delta, bebatuan yang kami pikir dulunya adalah lumpur di dasar 'Danau Jezero'. Di delta yang lebih tinggi, kita dapat melihat pecahan pasir dan batu yang berasal dari hulu, mungkin dari jarak bermil-mil," kata ilmuwan proyek Ken Farley dari Caltech.

Baca juga:
Super-Cepat, Pesawat NASA Bisa Tempuh Los Angeles ke Tokyo Hanya Tiga Jam

Salah satu perintah bisnis pertama untuk Kampanye Delta Front adalah mencari cara terbaik untuk mendaki puncak delta. Kampanye ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar enam bulan dan akan melibatkan pengumpulan sekitar delapan sampel.

Kampanye baru ini merupakan kesempatan besar bagi rover yang tiba di Mars pada Februari 2021. Pendamping terbangnya, helikopter Ingenuity, ikut serta dalam petualangan ini. Ini adalah dunia yang belum dijelajahi dengan sejarah air yang menarik. Seperti yang dikatakan Brown, "Prospek delta bagi saya adalah bahwa setiap hari akan penuh kegembiraan dan bisa membawa apa saja."

SHARE:

Samsung Pasang Target Penjualan Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6

Google Ingin Akuisisi Perusahaan Keamanan Siber dengan Nilai Rp370 Triliun