Home News Negara Ini Gunakan Drone untuk Musnahkan Ladang Kokain

Negara Ini Gunakan Drone untuk Musnahkan Ladang Kokain

Ilustrasi drone ilegal

Technologue.id, Jakarta – Semakin majunya perkembangan teknologi, membuat drone kini tak sekedar terbang dan merekam gambar semata. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kolombia, yang menggunakan drone untuk memusnahkan ladang berisi tanaman koka yang merupakan cikal bakal dari narkoba jenis kokain.

Dikutip dari Ubergizmo.com (23/08/2018), Pemerintah Kolombia menggunakan drone untuk menghancurkan ladang yang menanam dan memproduksi kokain ilegal. Mereka menggunakan sebuah drone kecil yang telah dipenuhi herbisida dan dikirim untu mencari ladang tersebut.

Baca juga:

Ratusan Smart Home di Indonesia Terancam Kebocoran Data

Presiden Kolombia, Ivan Duque menuturkan bahwa ia lebih suka menggunakan drone untuk tugas semacam ini. Sebab menurutnya, dengan cara tersebut dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada tanaman lainnya yang tidak termasuk jenis tanaman koka.

Menurut petinggi dari pemasok drone tersebut, German Heurtas, lewat uji coba yang dilakukan di provinsi Narino, Kolombia menunjukkan bahwa penggunaan drone ini telah memusnahkan hampir 90 persen tanaman koka dari setiap ladang ilegal yang telah ditargetkan.

Baca juga:

Ragam Produk Canon Bisa Dinikmati selama Asian Games 2018

Sekitar 10 drone dikerahkan dalam percobaan tersebut, dengan bobot masing-masing drone seberat 23 kg. Drone-drone tersebut membawa glifosat, zat kimia yang digunakan untuk mematikan tanaman koka.

Baca juga:

CEO Apple Segera Terima Gaji Rp1,76 Triliun!

Langkah ini merupakan inisiatif dari Presiden Kolombia dalam upayanya menghilangkan produksi kokain di Kolombia. Hal ini terbilang wajar, sebab menurut angka dari Kantor Kebijakan Pengawasan Obat Nasional AS, pertumbuhan koka di Kolombia telah mencapai titik tertingginya sepanjang tahun 2017 yang lalu.