NetApp dan Google Cloud Berkolaborasi Optimalkan Software Cloud Volumes Services di Asia Pasifik

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – NetApp, perusahaan global cloud-led, data-centricsoftware, dan Google Cloud mengumumkan ketersediaan dari containerized NetApp Cloud Volumes Service berbasis software di Asia Pasifik. Korea Selatan (Seoul), Hong Kong, dan Indonesia (Jakarta) akan menjadi tiga pasar pertama di Asia Pasifik yang akan menyediakan layanan ini.

Sistem penyimpanan berskala enterprise yang cloud-native, high-available, scalable, dan fleksibel ini tersedia melalui Google Kubernetes Engine dan APIs serta didukung dengan metode konsumsi pay-as-you-go dari Google. Layanan baru ini memungkinkan pelaku bisnis di Asia Pasifik untuk memiliki file service terbaik di kelasnya dari NetApp dan kapabilitas pengelolaan secara lokal di mana workloads dioperasikan. Ketersediaan layanan berbasis software secara regional akan memungkinkan bisnis di Asia Pasifik untuk mengakselerasi pengembang (developers) agar selalu gesit, mendorong produktivitas bisnis, dan meningkatkan efisiensi operasional IT berskala global.

“Kemampuan untuk menghadirkan data dengan cepat dan aman di manapun dibutuhkan, sangat penting bagi perusahaan atau organisasi, guna mengoptimalkan kinerja di dunia bisnis yang secara konsisten ditentukan oleh beragam ekspektasi baru,” jelas Ana Sopia, Country Manager, NetApp Indonesia. “Mengelola data Kubernetes merupakan perjalanan panjang bagi NetApp yang dimulai di cloud, dan kami sangat senang dapat memperluas kemitraan kami bersama Google untuk menghadirkan Cloud Volumes Service berbasis software bagi pelanggan kami di Asia Pasifik. Bersama, dengan kepemimpinan Google Cloud dalam pengembangan aplikasi, analitik dan machine learning, kami dapat membantu perusahaan untuk memimpin dengan data dan menemukan manfaat terbaik dari cloud dan Kubernetes.”

“NetApp Cloud Volume Service membantu banyak organisasi untuk menjalankan aplikasi business-critical yang membutuhkan Enterprise Storage di Google Cloud, seperti SAP, dengan kinerja dan keamanan yang tinggi,” tambah Kevin Ichhpurani, Corporate Vice President, Global Ecosystem at Google Cloud. “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan NetApp untuk memperluas ketersediaan Cloud Volumes Service bagi pelanggan di Kawasan Asia Pasifik.”

Peningkatan ketersediaan layanan baru dari Cloud Volume Service menghadirkan jangkauan lebih luas dan kinerja lebih baik

Layanan berbasis software terbaru dari NetApp dan Google kini tersedia di Hong Kong (asia-east2), Jakarta (asia-southeast2), dan Seoul (asia-northeast3). NetApp Cloud Volumes Service for Google Cloud sepenuhnya terintegrasi ke dalam Google Cloud dan menyediakan cloud-native file storage service dengan kinerja, ketersediaan, dan keamanan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi enterprise secara efisien seperti Windows dan SAP. Pelanggan dapat menerapkan (deploy) layanan data langsung dari Google Cloud Marketplace.

Optimalisasi Cloud Volumes Service berbasis software memberikan keseimbangan antara kapasitas dan kinerja yang ideal untuk aplikasi cloud-native agile yang menggunakan Kubernetes, serta general-purpose workloads yang perlu berkembang (scale) secara dinamis seiring meningkatnya permintaan dan mampu melakukan pemulihan yang cepat dengan waktu henti (downtime) minimum.

Fitur-fitur utama layanan Cloud Volume Service ini terdiri dari:

  • Jangkauan yang lebih luas: Cloud Volumes Service tidak lagi bergantung pada hardware, sehingga layanan ini akan tersedia bagi pelanggan di berbagai Kawasan dan zona di mana workloads dioperasikan. Pelanggan tidak perlu lagi khawatir pada saat menjalankan (deploy) workloads atau mengakses data di luar kawasan/negara yang menyebabkan biaya dan latensi tinggi.
  • Peningkatan Ketersediaan Layanan: Pelanggan dapat memastikan keberlangsungan bisnis dengan perlindungan data yang dapat diandalkan dan aman dalam satu zona dengan pemadaman (outages) dan waktu henti (donwtime) minimum. Apabila terjadi pemadaman (outages) tidak terduga, seperti putusnya aliran listrik, layanan ini akan secara otomatis memindahkan persistent disk volume yang ada ke lokasi lain untuk memastikan ketersediaan layanan tanpa mengganggu aplikasi yang sedang berjalan.
  • Better starting performance levels: The new service provides 32MiBps per TiB of performance.
  • Tingkat kinerja awal yang lebih baik: Layanan terbaru ini menawarkan kinerja 32MiBps per TiB.

Seperti halnya Cloud Volumes Service berbasis hardware yang tersedia, layanan berbasis software ini juga dilengkapi dengan kapabilitas efisiensi dan keamanan terbaru, termasuk:

  • Market speed up time: Meningkatkan resiliensi aplikasi dengan mengambil salinan near-instant snapshot dari data Anda sehingga tidak berdampak pada kinerja, waktu, ataupun kapasitas.
  • Dukungan multi-protokol yang inovatif: Cloud Volumes Service mendukung volumes yang dibuat untuk NFS dan SMB.
  • Peningkatan kontrol dan keamanan: Mendapatkan peningkatan kontrol dan keamanan sehingga dapat meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi bisnis secara keseluruhan tanpa mengorbankan pengalaman pengguna akibat pemisahan control plane dan data plane.
- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories