Ngapain Orang di Internet 5 Tahun Lagi?

Ilustrasi pengguna internet (source: BBC)

Technologue.id, Jakarta – Menikmati hiburan lewat internet semakin banyak dilakukan pengguna layanan telekomunikasi di seluruh penjuru dunia. Menonton video via internet diprediksi bakalan menjadi kebiasaan baru masyarakat pengguna internet.

Bahkan, kebiasaan menonton video lewat internet tersebut bakalan menjadi penyumbang terbesar dari penggunaan internet pada tahun 2022. Hal ini diungkap Ericsson melalui laporan riset tahunan berjudul Ericsson Mobility Report 2017 di Jakarta.

Ronni Nurmal, Vice President, Head of Network Product Unit Ericsson Indonesia & Timor Leste menyatakan penggunaan data mobile akan melonjak lebih dari 70 persen di tahun 2022 daripada yang berlangsung pada tahun 2016.

Tercatat pada 2016, total konsumsi data adalah 8,8 exabytes. Sementara pada 2022, total konsumsi data oleh pengguna internet di dunia diprediksi mencapai 71 exabytes.

“Kalau dibandingkan pada tahun 2016, 50 persen trafik data berasal dari video dengan total konsumsi data 8,8 exabytes. Sedangkan pada 2022, 75 persen konsumsi data berasal dari video dengan total konsumsi data sekitar 71 exabytes,” jelas Ronni di hadapan awak media.

Kebiasaan konsumsi video di internet tersebut diprediksi bakalan berpengaruh pada angka rata-rata konsumsi data per orang. Peningkatan yang cukup tajam terlihat dari paparan data tahun 2016 yang menunjukkan rata-rata penggunaan data per orang sebesar 2,1 GB dan mencapai 12GB per orang di tahun 2022.

“Secara regional Asia Tenggara dan Oceania, termasuk Indonesia rata-rata bulanan penggunaan data per orang sekitar 1,8GB. Jumlah ini bakalan meningkat pesat hingga 12GB per user tiap bulan pada tahun 2022 yang 75 persennya berasal dari konsumsi video,” imbuh Ronni.

Baca juga :
Indonesia Tempel Tiongkok Soal Pelanggan Seluler
Jaringan 4.5G Telkomsel Sudah Ada di 9 Kota, Tempat Tinggal Anda Masuk?
Terpilih Jadi CEO Telco Terbaik di Dunia, Ini Janji Bos Telkomsel