Technologue.id, Jakarta – Demam Pokemon Go mungkin sudah usai dan mulai ditinggalkan banyak pemain, namun developer sekaligus publisher game tersebut, Niantic nampaknya masih bisa merasakan ‘manis’-nya hingga saat ini.

Mengutip dari NextPowerUp (01/07/17), sebuah perusahaan riset aplikasi mobile, Apptopia baru saja merilis data yang menunjukkan kalau Pokemon Go berhasil membuat Niantic untuk meraup pendapatan hingga US$1,2 miliar (atau sekitar Rp16 triliun) secara keseluruhan.

Dari total pendapatan US$1,2 miliar tersebut, sebagian besar berhasil didapatkan pada saat Pokemon Go sedang tenar-tenarnya, tepatnya tahun 2016. Tahun lalu sendiri, game tersebut dapat mendatangkan uang sebanyak US$950 juta (atau sekitar 12,6 triliun).

Di saat yang bersamaan, Apptopia juga mencatat kalau game Pokemon Go saat ini sudah didownload oleh lebih dari 752 kali sejak dari awal dirilis pada tahun lalu hingga saat ini.

Sampai bulan Juni 2017 ini, game tersebut masih memiliki 60 juta pengguna aktif setiap bulannya. Dari angka keseluruhan itu, 20 persen di antaranya adalah mereka yang setiap harinya memainkan game tersebut. Jumlah tersebut sudah berkurang cukup jauh jika dibandingkan dengan tahun lalu yang puncak pengguna aktif bulanannya mencapai 100 juta orang.

 

Baca juga:

Game Nintendo Wii U Bakal Dirilis Ulang untuk Nintendo Switch

Nintendo Gemparkan Apple App Store Berkat Super Mario Run

Setelah Pokémon Go dan Super Mario Run, Nintendo Siapkan 3 Game Lagi!