Technologue.id, Jakarta – HMD Nokia, selaku pemegang lisensi merek Nokia, merilis seri Nokia 3.1 Plus ke pasar Indonesia. Smartphone ini mengusung komponen yang dikatakan serba ‘besar’ mulai dari baterai, prosesor, layar, dan kamera.

Ponsel ini disokong layar berjenis IPS LCD dengan besar 6-inci HD+, resolusi 720 x 1440 pixels, dan aspek rasio 18:9.

Di bagian punggungnya terdapat kamera ganda dengan posisi vertikal di bagian tengah. Kamera utama ponsel memiliki resolusi 12 megapiksel. Kamera tersebut memiliki fitur PDAF.

Kamera belakang kedua memiliki resolusi 5 megapiksel, berguna sebagai depth sensor guna menghasilkan efek bokeh (blur) dalam memotret portrait.

- Advertisement -

Selain kamera ganda, terdapat juga sensor sidik jari sebagai kunci keamanan di bagian belakang Nokia 3.1 Plus. Posisinya tepat berada di bawah kamera yang dapat dijangkau dengan ujung jari telunjuk pengguna.

Sementara kamera depan mengusung kualitas 8 megapiksel untuk kebutuhan swafoto.

Beralih ke dapur pacu, Nokia 3.1 Plus dipersenjatai chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12nm) octacore dibilang spesifikasi chipset ini mengalami peningkatan, mengingat model flagship Nokia 3.1 sebelumnya mengusung Mediatek MT6750 (28nm).

“Dengan chipset ini, akan memberikan best perfomance untuk streaming, main game, atau berselancar di social media, di samping memberikan daya tahan baterai lebih awet,” kata Wayne Tang, Head of Product Marketing APAC HMD Global, saat peluncuran Nokia 3.1 Plus di CoHive Filateli, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Chip tersebut dipadankan dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan internal 3 GB/32 GB, yang bisa diekspansi hingga 400GB. Ada fitur NFC juga menjadi daya tarik tersendiri dari ponsel kelas menengah itu.

Nokia 3.1 Plus mengusung baterai kapasitas 3.500 mAh dan menjalankan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka Android One. Baterai pada smartphone ini digadang mampu bertahan dua hari di luar pengisian daya. Cocok untuk traveling dan menemani keseharian pengguna tanpa sering diisi baterai.

“Nokia men-support dalam hal productivity,” ditambahkan Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia.

Seperti line up lainnya, Nokia 3.1 Plus juga dijanjikan akan terus didukung pembaruan sistem operasi selama 2 tahun, dan pembaruan keamanan selama 3 tahun.

Nokia 3.1 Plus dibalut dua pilihan warna, yaitu Blue dan Baltic, dengan harga Rp 2.399.000. Pembelian online pre-order telah dimulai pada 15-22 Maret melalui rekanan e-commerce seperti Blibli, Dinomarket, Erafone, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia.

Di masa pre-order, pengguna berkesempatan mendapatkan cashback sebesar Rp 300 ribu dan gratis unlimited YouTube dari Indosat selama setahun.