Technologue.id, Jakarta – Kerja sama strategis antara Xiaomi dan Nokia baru saja dilakukan. Namun salah satu rencana dari kedua perusahaan teknologi tersebut kini sudah bocor dan menyebar luas.

Mengutip dari NextPowerUp (06/07/17), baru-baru ini Nokia tengah digosipkan bakal menggunakan salah satu chipset mobile buatan Xiaomi untuk digunakan pada sejumlah lini smartphone Nokia yang nantinya akan dirilis ke pasar.

Chipset tersebut adalah Surge S1. Sesuai dengan spesifikasinya, Nokia pun rencananya akan menyematkan chipset itu pada smartphone kelas menengah ke atas.

Diketahui, Surge S1 sendiri adalah chipset in-house buatan Xiaomi yang sudah dirilis pada awal tahun ini. Ia dibekali dengan prosesor octa-core yang berasal dari dua kluster yang berbeda, yakni empat inti prosesor Cortex-A53 berkecepatan 2,2 GHz dan empat inti prosesor Cortex-A53 berkecepatan 1,4 GHz.

Berbekal prosesor Cortex-A53 dan pemroses grafis Mali-T860 MP4, performa Surge S1 diklaim bisa sedikit mengungguli salah satu chipset buatan Qualcomm, Snapdragon 625.

Hingga saat ini, Xiaomi dan Nokia sendiri belum melakukan konfirmasi lebih lanjut mengenai rumor yang beredar tersebut. Yang pasti, penggunaan chipset Xiaomi pada smartphone Nokia mungkin saja terjadi karena hal tersebut masih dalam ruang lingkup perjanjian kerja sama yang sebelumnya sudah mereka lakukan.