Technologue.id, Jakarta – Android 7.0 Nougat telah digulirkan dengan beragam fitur anyar nan jempolan. Walau demikian, Google tampaknya masih harus lebih bersabar agar konsumennya mau bermigrasi ke versi termutakhir OS bikinan mereka itu.

Alasannya sederhana saja. Selain karena Android Nougat baru akan menghampiri pengguna Nexus dan Android One dulu via update OTA, mayoritas pemakai Android masih betah bertahan di Android Lollipop. Ya, pengguna Android Lollipop saat ini adalah yang terbesar, dengan persentase 35,5 persen.

Dari data resmi Google itu, terungkap pula ada sekitar 29 persen pangsa pasar Android KitKat, atau mayoritas nomor dua di antara versi Android yang ada. Jumlah itu sendiri cukup besar, kendati Android 4.4 KitKat sudah hadir sedari 2013.

Pangsa pasar pengguna Android, terhitung 1 Agustus 2016 (source: Google)
Pangsa pasar pengguna Android, terhitung 1 Agustus 2016 (source: Google)

Dari paparan ini, bisa disimpulkan kalau pemakai Android masih belum banyak yang berminat upgrade ke OS terbaru yang sudah disebar luas, yakni Marshmallow. Buktinya, Android Marshmallow baru bisa mencaplok setengah dari market share KitKat. Jumlah itu memang telah meningkat dua kali lipat daripada bulan Mei lalu, tetapi tak terlalu banyak pula, mengingat Android versi 6.0 itu sudah tersedia untuk umum sejak 10 bulan terakhir.

Anda sendiri, masih pakai Android versi apa?

 

Baca juga:

ANDROID 7.0 NOUGAT MULAI DISEBAR, PONSEL MANA YANG KEBAGIAN?

ANDROID TERUS LINDAS WINDOWS, BLACKBERRY, BAHKAN IOS

PONSEL LUMIA LAWAS JALANKAN ANDROID MARSHMALLOW