Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
NTT Luncurkan Data Center Hyperscale di Jakarta
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - NTT Ltd., sebuah perusahaan infrastruktur dan layanan TI terkemuka, mengumumkan peresmian data center terbaru dan terbesar di Indonesia. Terletak di Bekasi, 30 kilometer dari pusat kota Jakarta, Jakarta 3 Data Center menawarkan kapasitas yang dapat diperluas dengan dirancang untuk memenuhi persyaratan hyperscaler dan perusahaan kelas atas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Lalu lintas digital di Indonesia meningkat secara eksponensial sebagai akibat dari lonjakan transaksi elektronik, sistem, dan konten digital selama masa pandemi. Apabila kombinasi pertumbuhan yang pesat pada perusahaan startup dan jumlah populasi yang terus meningkat terjadi, hal tersebut membuat permintaan akan data center hyperscale meningkat tajam.

"Permintaan untuk data storage dan layanan hosting yang terkelola diperkirakan akan tumbuh secara dramatis di seluruh Indonesia. Jakarta 3 Data Center akan mengakomodasi kebutuhan klien, khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan, yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka. NTT Indonesia telah menawarkan Jakarta 2 Data Center yang telah menarik banyak layanan dan penyedia konten, dan kami dapat menyediakan layanan jaringan lokal yang terhubung ke dan dari Jakarta 3 Data Center yang baru dibangun. Dengan ini, kami berharap dapat memainkan peran kunci dalam menyediakan kapasitas data yang vital dengan kecepatan tinggi untuk menjaga ekosistem digital dan ekonomi digital Indonesia yang terus berjalan." kata Mizuho Tada, Presiden Direktur, NTT Ltd. Indonesia.

Perluasan jejak data center di Indonesia merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan oleh divisi Global Data Centers dari NTT, yang mengoperasikan salah satu platform data center terbesar di dunia. Indonesia muncul sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di tingkat regional untuk penyediaan ruang data center dengan adanya ketersediaan sumber daya manusia dan kebijakan pemerintah.

"NTT melihat Asia Pasifik sebagai kawasan utama, dan Indonesia menjadi lokasi yang strategis dengan sistem kabel bawah laut APRICOT yang baru. Jakarta 3 Data Center akan mendorong peluang bisnis di Asia melalui sistem kabel APRICOT yang akan mulai beroperasi pada tahun 2024, di mana akan menghubungkan semua data center skala besar yang kami miliki di seluruh wilayah tersebut. Komitmen kami yang berkelanjutan untuk Indonesia akan membantu memposisikan NTT sebagai pemimpin yang inovatif secara teknologi untuk menjawab industri masa depan," kata Masaaki Moribayashi, Presiden dan Dewan Direktur NTT Ltd..

Fasilitas dengan keandalan dan skalabilitas tinggi

Data center dengan empat lantai ini memiliki kapasitas critical IT load sebesar 15,2 MW dan dapat meningkat menjadi 45MW. Dengan tingkatan Tier IV-ready yang memiliki desain ringkas dan modular, hal ini dapat memberi klien besaran daya yang fleksibel dan skalabel. Cooling Wall System merupakan pertama di kelasnya yang menawarkan efisiensi dengan memberikan daya yang optimal dan pendinginan hemat biaya untuk mendukung high density hingga 15kW/rak.

Dilengkapi dengan dua pembangkit listrik yang memasok listrik melalui rute yang berbeda, fasilitas daya data center, AC, dan security power supplies, dan fasilitas komunikasi semuanya dirancang dengan redundant system untuk memastikan adanya waktu kerja dan keandalan data yang berkelanjutan.

Terdapat ruangan-ruangan yang aman dan serbaguna dengan fasilitas yang nyaman, seperti Lobby Lounge dan ZEN Lounge - keduanya dilengkapi dengan pod pribadi untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung - ruang pertemuan dan konferensi, dan area umum, seperti ruang istirahat dan kafetaria.

Pengontrolan operasional dan keamanan yang ketat

Di Jakarta 3 Data Center terdapat sistem monitoring terbaru dan tim monitoring yang bekerja 24/7/365 untuk memastikan adanya pengoperasian sistem TI dari klien yang stabil, serta dijaga dengan menggunakan beberapa tingkat keamanan dan perimeter pagar anti-panjat setinggi tiga meter.

Lingkungan jaringan yang fantastis

NTT telah memasang kabel dari major carriers dengan berbagai rute di dalam gedung data center. Klien akan mendapatkan keuntungan dari berbagai layanan jaringan yang ditawarkan ini, termasuk konektivitas ke major internet exchange melalui Jakarta 2 Data Center kami, layanan komunikasi IP dengan kecepatan tinggi dan kapasitas besar, serta layanan VPN berkualitas dengan keandalan yang tinggi.

SHARE:

Bagaimana Desain Data Center Akan Berubah di Masa Depan?

Equinix Gandeng Astra Bangun Data Center JK1