Nuansa Papua Hadir di Google Doodle

Technologue.id, Jakarta – Nuansa Papua hadir di Google Doodle hari ini, Jumat (4/12/2020). Mulai dari Noken, rumah adat Honai, hingga pegunungan Jayawijaya.

Dalam keterangannya, Google menyebut ini untuk memperingati penobatan Noken sebagai warisan budaya UNESCO yang berlangsung pada 4 Desember 2012 lalu.

Baca Juga:

Google Gelar Undian Berhadiah US$ 5000, Mau Ikutan? Ini Syaratnya


Di mana Noken sendiri memiliki makna budaya dan sosial-ekonomi yang besar di seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia.

Noken memang tidak bisa lepas dari masyarakat Papua. Noken ini merupakan tas tradisional untuk membawa keperluan sehari-hari, seperti hasil alam.

Kerajinan ini telah dibuat secara turun-temurun sejak dulu hingga sekarang. Masyarakat Papua biasanya membuatnya dari serat kayu Pohon Yonggoli dan Pohon Huisa.

Baca Juga:

Google Perbarui Google Pay, Banyak Fitur Baru


Noken biasanya ditempatkan di kening penggunanya. Tidak diketahui secara pasti apa alasannya namun yang jelas ini sudah menjadi kebiasaan.

Untuk diketahui, Noken sendiri terus diupayakan agar terus dilestarikan. Salah satunya dengan cara mengimbau anak-anak Papua untuk menggunakannya ketika ke sekolah.

Latest News

Dear Nakes, Registrasi Vaksin Covid-19 Bisa Dilakukan Via WA

Technologue.id, Jakarta - Guna memudahkan tenaga kesehatan (Nakes) melakukan registrasi Program Vaksinasi Covid-19, pemerintah menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sular

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Related Stories