Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Nvidia hingga Jeff Bezos Investasi Jutaan Dollar di Startup Humanoid AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Beberapa perusahaan teknologi seperti Nvidia dan Intel tertarik pada terobosan yang dicapai melalui teknologi kecerdasan buatan (AI). Jeff Bezos, pendiri Amazon juga menginvestasikan sejumlah uang untuk mendorong produk berbasis AI.

Mengutip laporan Bloomberg, Nvidia, Intel dan Jeff Bezos berinvestasi di Figure AI, sebuah startup yang menciptakan robot mirip manusia. Perusahaan ini mendapatkan pendanaan sekitar USD675 juta, dengan nilai sekitar USD2 miliar sebelum investasi.

Figure AI telah menarik minat yang signifikan dari industri teknologi, dengan investasi dari pemain besar seperti Microsoft, yang menyumbang USD95 juta, dan Nvidia, bersama dengan dana afiliasi Amazon, masing-masing menginvestasikan USD50 juta. Bezos sendiri telah berkomitmen untuk memberikan USD100 juta melalui Explore Investments, LLC.

Proyek ambisius startup ini bertujuan untuk mendorong kemampuan AI dan robotika dengan dukungan dari para pendukung berpengaruh ini. Figure AI bertujuan untuk menempatkan robot Gambar 01 yang didukung AI di gudang-gudang di seluruh dunia. Gambar 01 adalah mesin otonom yang dapat mempelajari dan melakukan pekerjaan gudang, dikutip dari Tomshardware.

Investor penting lainnya dalam putaran pendanaan ini termasuk unit modal ventura Intel Corp, yang menyuntikkan dana sebesar USD25 juta dan LG Innotek, yang menyumbang USD8,5 juta. Grup investasi Samsung juga berpartisipasi dengan komitmen USD5 juta. Keterlibatan perusahaan-perusahaan ini menggarisbawahi minat yang luas terhadap potensi robot humanoid bertenaga AI.

Baca Juga:
Google Buka Suara soal Kesalahan Gambar Hasil Gemini AI

Putaran pendanaan juga menarik minat modal ventura yang signifikan. Parkway Venture Capital menginvestasikan USD100 juta, sementara Align Ventures menyediakan USD90 juta. Pendukung tambahan termasuk ARK Venture Fund, Aliya Capital Partners, Tamarack, Boscolo Intervest Ltd., dan BOLD Capital Partners, memberikan kontribusi dalam jumlah yang bervariasi terhadap total pendanaan.

OpenAI, pembuat ChatGPT dan pendukung awal Figure AI telah menginvestasikan USD5 juta, setelah sebelumnya mempertimbangkan untuk mengakuisisi startup tersebut.

Sektor robotika AI mengalami lonjakan aktivitas, dengan perusahaan lain seperti 1X Technologies, Sanctuary AI, dan Tesla juga mengerjakan robot humanoid. Putaran pendanaan yang sukses dari Figure AI menyoroti meningkatnya minat dan investasi dalam pengembangan robot yang dapat melakukan tugas-tugas kompleks dan mengatasi tantangan tenaga kerja.

SHARE:

Permintaan Mobil Niaga Tinggi, Mitsubishi Buka Diler Di Indonesia Timur

Ada Sentuhan Musik Hans Zimmer di Call of Duty: Mobile Season Terbaru