Home Latest News Nyerah, Olympus Jual Divisi Kamera

Nyerah, Olympus Jual Divisi Kamera

olympus

Technologue.id, Jakarta – Produsen kamera asal Jepang, Olympus, mengumumkan rencana akan menjual divisi kamera. Keputusan ini terpaksa diambil lantaran kalah saing dengan pesatnya perkembangan kamera smartphone.

Japan Industrial Partners (JIP) menjadi salah satu pihak yang berminat meminang divisi kamera Olympus. Kesepakatan antara kedua belah pihak akan dilakukan pada September 2020 mendatang.

Baca Juga:
Bidik Para Vlogger, Sony Perkenalkan Kamera Digital ZV-1

Perusahaan mengakui, bahwa bisnis mereka di produk kamera belakangan ini terus mengalami penurunan. Hal itu disebabkan karena berbagai produsen smartphone selalu menghadirkan produknya lebih mengutamakan kamera.

“Olympus telah menerapkan langkah-langkah untuk mengatasi pasar kamera digital yang terus menurun. Karena antara lain penyusutan pasar yang cepat disebabkan oleh evolusi smartphone,” tulis Olympus seperti dilansir Ubergizmo (24/6/2020).

Selama satu dekade terakhir, Olympus fokus meluncurkan produk kamera mirrorless. Akan tetapi, pendapatan perusahaan tersebut terus merosot dalam tiga tahun terakhir, sampai akhirnya Olympus menyerah.

Baca Juga:
Kamera Selfie Samsung Galaxy Z Flip Mengecewakan?

Sangat disayangkan, bisnis kamera adalah divisi dengan penyumbang penghasilan terendah Olympus, hanya 6% dari total penjualan perusahaan asal Jepang tersebut. Padahal Olympus adalah salah satu pabrikan kamera yang mempopulerkan sistem mirrorless.

Sebelum rencana ini, mereka telah melakukan pengurangan jumlah pegawai untuk divisi kamera dan peralatan medis. Tujuannya untuk meningkatkan meningkatkan performa dan mendongkrak jumlah keuntungan mereka.